Anugerah KIP Desa Nasional 2023; Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Pesisir Selatan terima Anugerah di Istana Wapres

id Amuherah KI, Nagari,Taratak Sungai Lundang , Pesisir Selatan

Anugerah KIP Desa Nasional 2023; Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Pesisir Selatan terima Anugerah  di Istana Wapres

Kadis Kominfo Pesisir Selatan Junaidi menyaksikan langsung melalui siaran langsung pemyerahan anugerah KI pusat di Istana Wapres RI. (ANTARA/HO-Kominfo)

Painan (ANTARA) - Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima anugerah apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa 2023 oleh Komisi Informasi Pusat RI di Istana Wapres pada 19 Desember 2023, bersamaan dengan Anugerah Badan Publik Pusat dan Provinsi.

Tahun Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan KIP Desa Tingkat Nasional. Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dan Nagari Aur Malintang Padang Pariaman ditunjuk KI Sumbar mewakili Provinsi Sumbar, berhasil masuk 10 besar nasional (peringkat 4) wilayah barat. Ada 116 Desa yang mengikuti apresiasi desa, mewakili 25 Provinsi seluruh Indonesia pada 2023.

Adapun 10 Desa yang memperoleh Anugerah Apresiasi KIP Desa berdasarkan peringkat sebagai berikut ;

Wilayah Barat (4 desa)

1. Desa Bumiroso Watumalang Wonosobo, Jawa Tengah

2. Desa Srimulyo Piyungan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Kuta Barat Sukakarya Sabang, Aceh

4. Nagari Taratak Sungai Lundang Koto XI Tarusan Kabu Pesisir Selatan Sumatera Barat

Wilayah Tengah (4 Desa)

1. Desa Tegal Harum Denpasar Barat, Denpasar, Bali

2. Desa Bulo Panca Rijang Sidenreng Rappang, Sulsel

3.. Desa Kawo Pujut Lombok Tengah, NTB

4. Desa Bhuana Jaya Tenggareng Seberang Kutai Kartanegara, Kaltim.

Wilayah Timur (2 Desa)

1. Desa Yayasan Morotai Selatan Pulau Morotai, Maluku Utara

2. Desa Kampung Ruar Distrik Biak Timur Biak Numfor, Papua.

Capaian Nagari Taratak Sungai Lundang ini menjadi Nagari kedua di Pesisir Selatan dan Sumbar yang masuk 10 besar KIP Desa Nasional, sebelumnya tahun 2022 Nagari Bungo Pasang Salido, IV Jurai, mewakili Provinsi Sumatera Barat juga masuk 10 besar Nasional ( peringkat terbaik kedua di wilayah Barat dan Nasional).

Mengutip sambutan Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Apresiasi KIP Desa 2023 bertujuan mendorong pemenuhan hak asasi manusia terhadap akses informasi yang mudah diakses bagi masyarakat Desa, memastikan tersedianya Informasi Publik Desa yang sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik Desa yang akurat dan benar serta mendorong proses transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Informasi Publik Desa.

Kadis Kominfo Pesisir Selatan Junaidi yang didampingi pengelola PPID Utama, setelah menyaksikan Live Anugerah KIP Desa 2023 melalui Chanel Youtube KI Sekretariat Wapres, tersebut, bersyukur dan apresiasi atas prestasi Nagari Taratak Sungai Lundang, Alhamdulillah dari 116 Desa dari 25 Provinsi yang terpilih berpartisipasi dalam Apresiasi KIP Desa ini, Nagari Taratak Sungai Lundang masuk 10 besar Nasional ( peringkat 4 wilayah barat atau peringkat 8 nasional). Anugerah diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat sedangkan terbaik 1 s/d 6 diserahkan oleh Wakil Presiden.

Junaidi menambahkan, kegiatan ini bisa menjadi salah satu pendorong/motivasi bagi pemerintahan desa atau nagari khususnya nagari di Pesisir Selatan dan yang terbaik bisa sebagai referensi sharing informasi bagi desa-desa lain di Indonesia dalam meningkatkan implementasi layanan informasi publik bagi masyarakat umumnya.