Polres Pasaman Barat pantau sejumlah gereja saat Natal

id Patroli ke gereja berikan rasa aman

Polres Pasaman Barat pantau sejumlah gereja saat Natal

Sejumlah personel Polres Pasaman Barat dan Brimob menggelar monitoring dan patroli ke sejumlah gereja dalam rangka memberikan rasa aman saat perayaan Natal 2023, Senin (25/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Pasaman Barat)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan monitoring dan patroli ke sejumlah gereja di daerah itu dalam rangka memberikan rasa aman saat perayaan Natal 2023.

Kepala Poles Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Senin, mengatakan patroli dan monitoring sengaja dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang melaksanakan perayaan Natal tahun 2023.

"Pihaknya sengaja melaksanakan patroli dan monitoring agar masyarakat yang tengah melaksanakan ibadah Natal tahun 2023 berjalan dengan lancar dan khidmat," ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat setempat dan pengurus Gereja.

Hal ini bertujuan agar kehadiran Kepolisian dapat menjalin silaturahmi dan komunikasi terkait keamanan serta kenyamanan umat Kristiani dalam perayaan Natal.

"Sinergi antara personel Kepolisian dengan masyarakat tentunya sangat dibutuhkan, agar terciptanya hubungan baik dan kerja sama dalam mendukung tugas kepolisian selama Operasi Lilin Singgalang tahun 2023-2024," ucapnya.

Ia menjelaskan kegiatan patroli dan monitoring dilakukan di sejumlah gereja, yaitu Gereja HKBP Pardomuan Nauli Jambak, Gereja ST. Yohanes Pembabtis Ophir, Gereja Paroki Keluarga Kudus Mahakarya, Kecamatan Luhak Nan Duo dan Gereja Bunda Maria yang berada di Padang Canduh, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali.

"Selain pemantauan di sejumlah Gereja, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Pos Pelayanan yang berada di Pantai Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie yang bertujuan untuk melihat kesiapsiagaan personel yang bertugas di Pos ini," sebutnya.

Kegiatan itu dipimpin oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki dan didampingi Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution, Kabag Ops Kompol Muzhendra dan sejumlah pejabat Utama (PJU) Polres Pasaman Bara.

Lalu, ada regu patroli kendaraan bermotor roda dua satuan samapta dan personel Kompi 3 Batalyon B Satuan Brimob serta pecinta Yamaha RX King Polres Pasaman Barat.*