Polres Pasaman Barat patroli ke rumah warga antisipasi aksi pencurian

id Patroli kerumah warga antisipasi pencurian

Polres Pasaman Barat patroli ke rumah warga antisipasi aksi pencurian

Satuan Tugas Preventif Operasi Ketupat Singgalang 2023 Polres Pasaman Barat saat melakukan patroli ke perumahan warga yang ditinggal saat mudik Lebaran 2023. ANTARA.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Satuan Tugas Preventif Operasi Ketupat Singgalang 2023 Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat berpatroli dengan mendatangi lokasi perumahan yang ditinggal warga untuk mudik Lebaran 2023, untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian.

"Kegiatan itu bertujuan mencegah aksi pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik oleh warga. Kita melakukan patroli bersama personel Polsek Pasaman," kata Kabagops Polres Pasaman Kompol Antonius Dakhi di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya sudah mendata perumahan yang ditinggal pemudik ataupun perumahan yang rawan terjadi aksi pencurian .

Pihaknya mendatangi perumahan itu bertujuan untuk menjamin rasa aman warga terutama di lokasi-lokasi perumahan yang cukup ramai.

"Beberapa perumahan di wilayah Pasaman Barat yang rawan tindak pidana sengaja kami datangi guna mencegah berbagai aksi kejahatan, terutama pencurian di rumah kosong ditinggal warga yang melaksanakan mudik lebaran," ujarnya.

Ia menjelaskan, patroli tersebut dilakukan dalam rangka cipta kondisi selama Operasi Ketupat Singgalang 2023 dengan melakukan patroli pada jam-jam rawan serta melakukan pemantauan di tempat keramaian dan pemukiman warga.

"Kegiatan patroli ini kita lakukan tidak hanya pada malam hari namun pada siang hari juga kita intensifkan, guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian serta antisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat," katanya.

Dengan menggunakan kendaraan patroli dinas petugas memberikan pesan keamanan ketertiban kepada masyarakat yang melaksanakan ronda malam agar selalu waspada terhadap tindak pidana dan aksi pencurian lainnya.

Kemudian mengimbau kepada warga masyarakat agar saling berkoordinasi dengan pihak kepolisian khususnya jajaran Polres Pasaman Barat dalam menjaga keamanan dan ketentraman di perumahan warga.

Petugas kepolisian juga mengingatkan kepada warga yang berada di sekitar lingkungan perumahan untuk selalu memastikan keamanan dalam rumah dan melaporkan kepada aparat setempat bilamana terjadi gangguan keamanan.

"Kami juga menitipkan pesan keamanan ketertiban masyarakat kepada warga yang berada di sekitar perumahan untuk selalu mengecek kondisi rumah sebelum di tinggal mudik," ujarnya.