Sumbar gelar sepeda santai gratis peringati Hari Bela Negara ke-75

id Sepeda santai

Sumbar gelar sepeda santai gratis peringati Hari Bela Negara ke-75

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan sejumlah agenda untuk memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-75 pada 17 Desember 2023, salah satunya event sepeda santai.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon di Padang, Rabu mengatakan sesuai tupoksi, pihaknya menggelar event berkaitan dengan olahraga untuk memeriahkan HBN ke-75 tahun 2023.

"Dalam sepeda santai ini, peserta akan melewati Gedung Joang 45 yang menyimpan banyak sejarah perjuangan bangsa di Sumbar. Ini sekaligus untuk mengingatkan kembali peran Sumbar dalam menjaga kelangsungan NKRI," katanya.

Ia mengatakan perjuangan para pejuang di rimba raya Sumatera Barat ketika Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949 menjadi bukti sejarah yang harus tetap diingat oleh generasi penerus.

"Tanpa PDRI, belum tentu ada Republik Indonesia yang dikenal saat ini," katanya.

Ia mengatakan sepeda santai yang digelar adalah salah satu cara untuk memeriahkan dan mengingat kembali masyarakat tentang sejarah PDRI dalam momentum Hari Bela Negara ke-75.

Maifrizon mengatakan event sepeda santai HBN yang akan menempuh jarak sekitar 15 kilometer itu rencananya dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

"Pesepeda nantinya mulai start dari halaman Kantor Gubernur Sumbar menuju Khatib Sulaiman hingga DPRD Sumbar kemudian kembali dan menuju Pantai Padang menuju gedung bersejarah Gedung Joeang. Kemudian lanjut ke objek wisata Jembatan Siti Nurbaya, melewati kawasan Kota Tua dan kembali ke Kantor Gubernur Sumbar,” katanya.

Event sepeda santai HBN yang terbuka untuk umum itu ditargetkan dapat diikuti 5 ribu pesepeda. Saat ini sudah ada 59 klub sepeda yang konfirmasi ikut terlibat, dengan jumlah peserta sementara sudah mencapai dua ribu orang.

“Kita optimis target ini tercapai. Bagi masyarakat yang ikut silahkan saja langsung, gratis,” katanya.

Maifrizon menambahkan, pada event sepeda santai HBN ini, pihaknya juga menyedikan hadiah doorprize uang tunai kepada peserta dengan total hadiah mencapai Rp30 juta. *