KPU Padang Panjang bakal rekrut 1.372 orang KPPS

id KPU Padang Panjang,KPPS padang panjang,Berita padang panjang,KPPS Pemilu 2024

KPU Padang Panjang bakal rekrut 1.372 orang KPPS

Ketua KPU Padang Panjang Puliandri, ajak kalangan muda jadi anggota KPPS pada Pemilu 2024. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, rencanakan rekrut sebanyak 1.372 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk 196 TPS yang tersebar di 16 kelurahan di Kecamatan Padang Panjang Barat dan Kecamatan Padang Panjang Timur.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Kota Padang Panjang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) pada kegiatan sosialisasi tahapan pemilu 2024 yang dilaksanakan di hotel Pangeran Guguak Malintang, Jum’at sore (8/12) yang dihadiri wartawan dari berbagai media, KNPI dan Karang Taruna kota itu.

Komisoner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Masnaidi. B, M.A.P, menyebutkan pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS direncanakan pada 11 Desember mendatang, dengan mengundang wartawan, KNPI dan Karang Taruna diharapkan informasi pendaftaran calon KPPS untuk Pemilu 2024 dapat tersebar kepada masyarakat Kota Padang Panjang.

“Ada beberapa tahapan jadwal pembentukan KPPS ini, pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS kita jadwalkan pada 11 Desember mendatang, dilanjutkan penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi dan pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS pada 23-25 Desember mendatang,” kata Masnaidi.

Ia menjelaskan setelah tahapan pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS, masih ada tahapan berikutnya seperti tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS, pengumuman hasil seleksi, penetapan dan pelantikan calon anggota KPPS.

“Dari 196 TPS yang tersebar di Kota Padang Panjang, nantinya di masing-masing TPS ada 7 orang anggota KPPS yang bertugas dengan masa kerja mulai 25 Januari sampai 25 Februari 2024 mendatang,” jelas dia.

Masnaidi, mengajak kalangan muda dapat berperan aktif sebagai anggota KPPS pada pelaksanaan pemilu 2024 dengan mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPPS Pemilu 2024 di masing-masing kelurahan.

Sementara itu Ketua KPU Kota Padang Panjang Puliandri, mengatakan belajar dari pengalaman pemilu 2019 lalu banyak penyelenggara pemilu (petugas KPPS) yang jatuh sakit karena faktor kelelahan dan faktor usia.

“Kami berharap kalangan muda ambil peran lebih dengan menjadi anggota KPPS maupun dalam menyebarkan informasi terkait KPPS, jangan memaksakan yang sudah berusia 60 tahun karena ini sangat beresiko,” kata Puliandri.

Sosialisasi tahapan pemilu 2024, KPU Kota Padang Panjang, menghadirkan narasumber Wakil Ketua KPID Sumbar, Eka Jumiati. Selain Ketua KPU Puliandri dan anggota Musnaidi, kegiatan sosialisasi ini juga di hadiri anggota KPU lainnya Dewi Aorora, Armen, Gunawan dan Sekretaris KPU Lucky Dharma Yuli Putra.