Pemkab Solok sosialisasikan PAUD Holistik Integratif

id Pemkab Solok, sosialisasikan, Paud Holistik Integratif, ciptakan, generasi emas

Pemkab Solok sosialisasikan PAUD Holistik Integratif

Bunda PUAD Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat menyosialisasikan PAUD Holistik Integratif (HI) sebagai upaya menciptakan generasi emas di daerah setempat pada masa mendatang.

Bunda PAUD Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda di Solok, Rabu, mengatakan PAUD HI upaya mengembangkan anak usia dini untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar mereka yang beragam dan saling terkait secara simultan dan terintegrasi.

Tujuan pendidikan HI, katanya, membantu mengembangkan potensi individu dalam suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menggairahkan demokratis serta humanis sejalan dengan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Selain itu, kata dia, PAUD upaya pemberian pendidikan anak mulai dari semenjak lahir hingga anak menempuh jenjang pendidikan sekolah.

Dia menjelaskan bahwa membangun konsep pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini saat ini menjadi fokus pemkab setempat.

Proses pendidikan anak usia dini diperoleh melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani anak sehingga dapat tumbuh secara optimal.

Emiko menjelaskan tentang tahap pertama dan penting pendidikan yang harus mendapat perhatian besar pemerintah, masyarakat, dan keluarga.

Oleh karena itu, katanya, pengembangan anak usia dini secara holistik dan integratif merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan sumber daya berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan.

"Lembaga-lembaga PAUD mesti berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan teknologi, terutama teknologi di bidang pendidikan," kata dia.

Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan sosialisasi PAUD HI kegiatan penting bagi pendidikan anak-anak pada masa yang akan datang.

"Saya menyadari bahwa proses belajar bukan hanya di tingkat sekolah dasar namun itu semua sudah dimulai semenjak lahir, untuk itu PAUD sangat penting untuk perkembangan anak-anak kita ditempatkan di lingkungan yang tepat," kata dia.

Peranan para guru, katanya, juga penting dalam tahap tumbuh kembang anak-anak melalui pengembangan PAUD HI.

Di Kabupaten Solok, mutu pendidikan sudah lebih baik ditandai dengan Penghargaan Rapor Mutu Pendidikan Kabupaten Solok sebagai terbaik di Sumatera Barat yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Keberhasilan ini tentu bukan usaha kita saja di pemerintahan namun ini dapat terjadi berkat kerja keras para guru semua dalam membimbing anak-anak kita menjadi yang terbaik," ucap dia.