Mahasiswa FKM Unand gelar penyuluhan edukasi personal hygiene saat menstruasi bagi remaja

id FKM Unand, penyuluhan remaja

Mahasiswa FKM Unand gelar penyuluhan edukasi personal hygiene saat menstruasi bagi remaja

Foto bersama tim penyuluhan mahasiswa FKM Unand dengan remaja putri di Kelurahan Batang Arau usai ikuti pencerahan tentang reproduksi. (ANTARA/HO-TIMFKM)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) melakukan penyuluhan untuk mengedukasi personal hygiene saat menstruasi bagi remaja putri sehingga bisa meningkatkan pengetahuan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan pencerahan tentang pentingnya kebersihan saat menstruasi pada remaja putri Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, seperti dirilis, Kamis.

Dalam kegiatan ini beranggotakan empat orang Aulia Nur Afifah, Diva Zulvia, Faddila Raudatul Usmi dan Ramadhani Nurul Mahmudah dengan dibimbing oleh dosen Anggela Pradiva Putri, SKM., MKM.

Dari penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja putri tentang kebersihan alat kelamin saat menstruasi masih sangat minim, kata Dosen Pembimbing Anggela Pradiva Putri, SKM., MKM.

Oleh karena itu, menurut dia, perlu adanya pemberian informasi yang lengkap pada remaja putri untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi.

Hal itulah yang menjadi latar belakang mahasiswa MBKM FKM Unand melakukan penyuluhan dengan tema "Jaga Kesehatan Reproduksi saat Menstruasi" difokuskan di kelurahan itu.

Anggela menyampaikan, materi penyuluhan yang disampaikan berupa pemaparan mengenai apa itu personal hygiene dan menstruasi.

Selain itu, bagaimana cara membersihkan pembalut dengan baik dan benar, tanda menstruasi tidak normal, dampak tidak menjaga kebersihan saat menstruasi, dan beberapa fakta dan mitos saat menstruasi.

Dari penyampaian materi tersebut diharapkan pengetahuan remaja putri yang menghadiri penyuluhan mengalami peningkatan dan menjadi mampu dalam menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi.*