Bank Indonesia ungkap dua tantangan pertumbuhan ekonomi di Sumbar

id Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatra Barat (Sumbar) Christoveny, bank indonesia, pertumbuhan ekonomi,Padang

Bank Indonesia ungkap dua tantangan pertumbuhan ekonomi di Sumbar

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Christoveny saat diwawancarai di Padang, Sumbar. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar) Christoveny mengungkapkan dua tantangan utama pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut yang mesti segera ditangani oleh para pemangku kepentingan.

"Melihat perkembangan ekonomi di Ranah Minang selama beberapa tahun terakhir, setidaknya terdapat dua tantangan besar yang mesti diantisipasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Sumbar Christoveny di Padang, Sumbar, Kamis.

Pertama, perlambatan kinerja lapangan usaha utama yakni sektor pertanian dan industri yang menurun. Hal itu mengindikasikan daya saing kedua sektor itu berkurang dan berujung pada fenomena deindustrialisasi.

Tantangan kedua yakni pemanfaatan peluang investasi yang belum maksimal. Dalam hal ini pengambil kebijakan perlu melakukan stimulus iklim investasi. Apalagi, pertumbuhan ekonomi dan investasi masih di bawah rata-rata provinsi lain se-Sumatera.

"Untuk jangka panjang menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, maka diperlukan peningkatan investasi yang lebih tinggi," kata dia.

Menurutnya, kedua tantangan tersebut membutuhkan intervensi dari berbagai pihak. Di satu sisi, BI Sumbar telah merumuskan rekomendasi kebijakan guna memperbaiki ekonomi daerah itu.

Salah satu bukti dukungan BI Sumbar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi ialah pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta ekonomi syariah.

Berbagai program kerja yang dikembangkan di antaranya klaster ketahanan pangan, pengembangan klaster komoditas unggulan berorientasi ekspor serta pengembangan kelompok subsistem.

"Implementasinya melalui digital farming, promosi perdagangan dan onboarding UMKM," ujarnya.

Tidak hanya itu BI Perwakilan Sumbar juga mengembangkan UMKM syariah lewat sertifikasi halal bagi 300 lebih UMKM, sertifikasi halal rumah potong hewan hingga pengembangan Sumbar sebagai proyek percontohan kawasan industri halal pertama di Indonesia.

Ia menambahkan untuk pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut pada tahun 2023 diperkirakan berkisar di angka 4,50 hingga 5,3 persen.

"Perkiraan ini lebih baik dari pertumbuhan tahun 2022 sebesar 4,36 persen," kata Christoveny.

Secara spasial pertumbuhan ekonomi di Sumbar berada pada peringkat kelima di Pulau Sumatra. Namun masih di bawah rata-rata ekonomi regional sebesar 4,50 persen dan nasional 4,94 persen.