Wakil Ketua MUI: Bangsa Indonesia sudah seharusnya membela Palestina

id aksi bela palestina,majelis ulama indonesia,dukungan bagi palestina

Wakil Ketua MUI: Bangsa Indonesia sudah seharusnya membela Palestina

Peserta Aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina memadati kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sudah seharusnya membela bangsa yang terjajah seperti Palestina.

"Kita adalah bangsa yang diberi amanat oleh konstitusi untuk menciptakan perdamaian di dunia. Oleh karena itu, kita menolak dan menentang segala bentuk penjajahan," katanya dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu pagi.

"Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Karena itu, kita harus dan wajib membela rakyat dan bangsa yang terjajah, seperti yang dialami rakyat Palestina sekarang ini, yang sudah dijajah oleh Israel sejak tahun 1948," katanya.

Dia yakin bangsa Palestina bisa merdeka meski kekuatan sumber daya dan senjata mereka tidak sebanding dengan Israel.

"Meskipun kita lihat senjata mereka kalah canggih dari senjata yang dimiliki Israel, tapi lihatlah semangat juang mereka. Lihatlah tekad bulat mereka," kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

Anwar lantas menyampaikan catatan sejarah mengenai negara-negara yang berhasil melepaskan diri dari penjajah yang lebih kuat dari mereka.

"Amerika dengan persenjataannya yang canggih, akhirnya terpaksa mundur dari Vietnam. Begitu juga di Afghanistan, bagaimana canggihnya senjata yang dimiliki Uni Soviet kemudian dilanjutkan oleh Amerika. Lalu kedua negara adikuasa tersebut akhirnya mundur, karena mereka tidak akan pernah mampu dan bisa mengalahkan rakyat yang telah bersatu," katanya.

Dia mengajak masyarakat Indonesia mendoakan rakyat Palestina supaya bisa segera merdeka dari penjajahan Israel.

"Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan rida pada perjuangan rakyat Palestina," katanya.

Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas pada Minggu pagi dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina Din Syamsudin.

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menghadiri kegiatan tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MUI: Bangsa Indonesia sudah seharusnya membela Palestina