Polres Padang Panjang simulasikan Sispamkota Mantab Brata Pemilu 2024

id Polres Padang Panjang ,berita Padang Panjang ,berita sumbar,pemilu 2024

Polres Padang Panjang simulasikan Sispamkota Mantab Brata Pemilu 2024

Personil Polres Padang Panjang, simulasi Sispamkota Mantab Brata pengamanan Pemilu 2024 di depan kantor KPU Padang Panjang. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Berkomitmen dalam menjamin keamanan Pemilu 2024, khususnya di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Polres setempat lakukan simulasi Sispam Kota Operasi Mantab Brata 2023 di depan Kantor KPU Padang Panjang yang berlokasi di Padang Kayo kelurahan Guguak Malintang Kecamatan Padang Panjang Timur, Jumat (20/10).

Kapolres Padang Panjang , AKBP Donny Bramanto,S.I.K , menyebutkan pentingnya simulasi ini sebagai bukti komitmen dalam menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu.

"Dengan pelaksanaan simulasi yang kita laksanakan, saya menekankan kepada pelaksanaan simulasi, agar dilaksanakan dengan serius dan "nyata" sesuai dengan kondisi di mana keadaannya itu adalah situasi yang paling terburuk yang akan bisa terjadi," ungkap Donny Bramanto.

Ia menjelaskan pelaksanaan simulasi terdiri dari beberapa tahapan diawali dengan kondisi masa yang tenang sampai situasi puncak karena disanalah masa mulai melakukan tindakan anarkis seperti penjarahan, pengrusakan dan lain lain.

"Semua personel baik Polwan maupun polisi pria punya peran dalam pelatihan ini, contoh Polwan memiliki tugas untuk menjadi negosiator atau penengah supaya tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan," jelas dia.

Meskipun Kota Padang Panjang tidak begitu memiliki potensi kerawanan, namun Kapolres mengingatkan tidak boleh "Under Estimate" dan harus siap apabila kondisi terburuk saat penghitungan suara benar benar terjadi dan pemerintah daerah pun berkomitmen untuk memastikan terselenggaranya Pemilu Damai Tahun 2024 di Kota Padang Panjang.

"Bila negosiasi tidak berhasil, dan situasi semakin memanas, maka tim Dalmas dan Personil Brimob yang mengambil alih peran sebagai tindakan antisipasi dan meminta massa untuk mundur," kata Kapolres

Untuk pengamanan jalannya pemilu 2024, Polres Padang Panjang menurunkan 2/3 personel dari Polres dan Polsek. Segala upaya akan terus dilakukan oleh TNI, Polri, dan pemerintah daerah untuk menciptakan Pemilu Damai Tahun 2024 semoga pemilu 2024 di Kota Padang Panjang, berjalan dengan damai dan lancar, harap Kapolres.