Bawaslu Pasaman Barat ajak pemilih melihat rekam jejak bakal caleg

id Bawaslu ajak pemilih lihat rekam jejak bakal caleg

Bawaslu Pasaman Barat ajak pemilih melihat rekam jejak bakal caleg

Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar usai dilantik beberapa waktu lalu. (Antara/HO-Bawaslu Pasaman Barat).

Simpang Empat,- (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengajak para pemilih muda untuk melihat rekam jejak para bakal calon legislatif yang akan maju pada Pemilu 2024 nanti.

"Mari ciptakan pemilu yang berkualitas. Bagi pemilih pemula harus bisa melihat rekam jejak calon yang ada nantinya," kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan para pemilih perlu mencari tahu profil para calon wakil rakyat dan calon pemimpinnya untuk lima tahun ke depan berikut visi dan misi serta program-program kerja mereka.

Kepada pemilih, katanya, harus bisa melihat siapa dia, rekam jejak seperti apa. Pegang janjinya, lihat visi misinya.

"Kita berharap pemilih jangan nanti memilih calon yang tidak punya visi misi yang jelas sehingga jangan terkesan membeli kucing dalam karung," katanya.

Ia berharap para pemilih termasuk para pemilih muda tidak terjebak dalam politik uang, yaitu memilih calon tertentu karena ada imbalan uang.

"Jangan tergiur dengan politik uang. Kenali siapa calonmu dan tolak politik uang," tegasnya.

Pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar ikut mengawasi pelaksanaan pemilu.

Pengawasan partisipatif dari semua elemen masyarakat sangat penting dilakukan baik dari organisasi masyarakat, pemuda, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, kaum ibu dan generasi muda yang melek teknologi.

"Sosialisasi dan pertemuan telah kita lakukan. Bagaimana pengawasan partisipatif berjalan dengan baik," katanya.

Untuk Pasaman Barat ada sekitar 499 orang terdaftar pada daftar calon sementara (dcs) Pemilu 2024 yang berasal dari 16 partai politik dengan lima daerah pemilihan. Kemudian kursi yang diperebutkan ada 40 kursi di DPRD setempat.