Pemkab Agam luncurkan aplikasi SIAP PAK untuk permudah layanan

id Aplikasi tingkatkan pelayanan,agam

Pemkab Agam luncurkan aplikasi SIAP PAK untuk permudah layanan

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Agam Andrinaldi sedang meresmikan aplikasi SIAP PAK, Kamis (14/9/2023). Antara/HO-Diskominfo Agam.

Lubuk Basung,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Aktivitas Pimpinan Pemberitaan, Agenda dan Keprotokolan (SIAP PAK) dalam mempermudah koordinasi untuk memberikan pelayanan kepada pimpinan.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Khasman Zaini di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan aplikasi ini diresmikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Agam Andrinaldi, Rabu (13/9).

"Aplikasi SIAP PAK ini untuk optimalisasi tata kelola keprotokolan pimpinan daerah di Pemerintah Kabupaten Agam," katanya.

Ia mengatakan secara umum aplikasi ini berisi pengaturan agenda, keprotokolan dan pendokumentasian kegiatan yang akan dihadiri oleh pimpinan daerah.

Aplikasi ini akan mempermudah melakukan koordinasi dalam memberikan pelayanan terhadap pimpinan.

Aplikasi ini bisa melihat siapa saja yang ditugaskan dan akan mendampingi pimpinan sehingga bisa dilakukan koordinasi secara langsung dengan organisasi perangkat daerah dan instansi terkait untuk mempersiapkan segala keperluan dan kebutuhan pimpinan saat berada di lapangan.

"Dengan melihat aplikasi ini, pimpinan juga bisa melihat gambaran secara umum acara dan agenda apa yang akan dihadiri karena kita menambahkan poin yang berisikan penjabaran dan gambaran umum acara atau agenda tersebut," katanya.

Ia menambahkan jika dibandingkan dengan sebelumnya, aplikasi SIAP PAK ini lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan terhadap pimpinan.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Agam Andrinaldi merasa bangga dan memberi apresiasi kepada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan yang telah berupaya dalam memaksimalkan pelayanan terhadap pimpinan.

"Aplikasi Ini merupakan inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada pimpinan," katanya.

Ia menambahkan dengan digunakannya aplikasi ini, Agam menjadi lebih maju dari kabupaten/kota di Sumbar yang memiliki aplikasi khusus dalam penatakelolaan keprotokolan dan pelayanan kepada pimpinan daerah.

Namun, aplikasi ini harus terus dikembangkan dan disempurnakan demi kelancaran kegiatan dan agenda pimpinan.

Ia berpesan agar petugas yang berperan dalam menjalankan aplikasi ini benar-benar ahli di bidangnya dan dapat dipercaya, karena aplikasi ini berkaitan langsung dengan jadwal dan agenda pimpinan.