Solok Selatan dan UIN Imam Bonjol tandatangani MoU

id UIN Imam Bonjol,Bupati Solok Selatan Khairunas,Pemkab solsel,Berita sumbar

Solok Selatan dan UIN Imam Bonjol tandatangani MoU

Bupati Solok Selatan Khairunas menyerahkan cinderamata mata kepada Rektor UIN Imam Bonjol Padang Martin Kustati usai menandatangani Momerandum of Understanding (MoU), di Padang Aro, Kamis. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat bersama UIN Imam Bonjol Padang tandatanganani Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) guna menyempurnakan kelanjutan program Satu Jorong Satu Rumah Tahfizd.

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Kamis, mengatakan Pemkab menggandeng UIN Imam Bonjol bertujuan untuk menyempurnakan akan program unggulan pemerintah tersebut terutama di bidang peningkatan kompetensi pengajarnya.

"Menggandeng UIN Imam Bonjol untuk menyempurnakan Program Satu Jorong Satu Rumah Tahfizd mulai dari kurikulum, tata kelola dan peningkatan kompetensi ustadz/ustadzah," katanya.

Ia meminta UIN Imam Bonjol untuk melakukan evaluasi terkait program ini sebagai bahan masukan kebijakan Pemkab dimasa mendatang.

"Kabupaten Solok Selatan kekurangan Guru, kami minta UIN Imam Bonjol khususnya fakultas tarbiah untuk menjadikan Kabupaten itu sebagai praktek lapangan mahasiswa calon guru," ujarnya.

Bupati menginstruksikan langsung kepada Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Bagian Kesra untuk menyempurnakan program tersebut dan berkonsultasi dengan universitas itu.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang Martin Kustati menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok Selatan yang telah bersedia bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dengan UIN Imam Bonjol Padang dalam upaya meningkatkan kontribusi di berbagai sektor pendidikan dan upaya mensejahterakan masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi Pemkab Solok Selatan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui beberapa program kegiatan yang termasuk dalam visi misi Kabupaten Solok Selatan terutama program unggulan Satu Jorong Satu Rumah Tahfiz," katanya.

Secara umum katanya, MoU ini mencakup program yang relevan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, namun secara khusus sudah disusun rencana dan disepakati oleh kedua belah pihak tentang ruang lingkup kerjasama yang akan dilaksanakan.

"Semoga MoU ini memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Solok Selatan, serta bermanfaat bagi kemajuan institusi," ujarnya.