Wako Bukittinggi raih Golden Award SIWO PWI 2023 di Kaltim

id Wako Bukittinggi,berita bukittinggi,berita sumbar, Golden Award SIWO PWI 2023,Erman Safar

Wako Bukittinggi raih Golden Award SIWO PWI 2023 di Kaltim

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menjadi satu-satunya kepala daerah di Sumbar meraih penghargaan Golden Award SIWO PWI 2023 (Antara/HO-Pemkot Bukittinggi)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga yang diberikan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat 2023.

Penghargaan yang menjadi satu-satunya untuk Sumatera Barat itu diserahkan di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (28/08) malam yang diumumkan secara daring oleh Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

"Golden Award Anugerah Olahraga SIWO VI 2023 ini, sebagai tanda puncak kerja keras, dedikasi insan bidang olahraga, ini akan berfungsi sebagai mercusuar dan inspirasi kemajuan kolektif bidang olahraga," kata Menpora dalam sambutannya.

Ia mengatakan para penerima penghargaan, baik atlet maupun tokoh berpengaruh, tentu dapat menjadi sumber inspirasi dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

"Semoga Siwo dapat terus memperhatikan mereka yang membawa nama harum Indonesia dan memberikan perhatian lebih pada bidang olahraga," kata dia.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PWI Pusat dan PWI Sumbar serta PWI Bukittinggi yang telah mempercayakannya untuk menerima penghargaan ini.

"Semoga ini menjadi motivasi untuk meningkatkan minat olahraga masyarakat khususnya Kota Bukittinggi, olahraga merupakan salah satu alat pemersatu bangsa," kata Erman.

Menurutnya dengan olahraga semua perbedaan tersingkirkan dan mengutamakan jiwa sportifitas dan persaingan yang sehat.

“Kami terus berkomiten untuk terus membangun generasi yang sehat, kuat dan produktif serta menjadi motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya dalam memajukan olahraga, khususnya di Kota Bukittinggi, tapi, itu tidak bisa dikerjakan sendiri, butuh kebersamaan seluruh pihak, DPRD juga, Koni serta semua insan olahraga,” katanya menjelaskan.

Ketua Umum PWI pusat, Atal, S. Depari, didampingi Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa mengungkap Anugerah Olahraga Siwo PWI sudah menjadi tradisi sejak tahun 1989.

Golden Award menjadi satu bentuk penghargaan dan apresiasi tertinggi untuk insan olahraga yang berprestasi terbaik dan memberikan pengabdian tiada henti kepada bangsa dan negara di level internasional, serta penghargaan kepada kepala daerah yang peduli dengan olahraga di daerahnya.

“Ada beberapa kategori yang diberikan Siwo PWI Pusat, diantaranya, Atlet Terbaik Putra dan Putri, Pelatih Terbaik, Pembina Terbaik, Gubernur Peduli Olahraga dan Bupati dan Wali Kota Peduli Olahraga, terpilihnya Erman Safar sebagai satu satunya kepala daerah di Sumatera Barat yang menerima penghargaan itu tentunya telah melewati berbagai penilaian yang ketat," katanya.

PWI Provinsi se-Indonesia sebelumnya juga mengusulkan kepala daerahnya yang berprestasi, terutama di bidang olahraga.

Terpilihnya Wali Kota Bukittinggi, karena dinilai memiliki kepedulian terhadap perkembangan olahraga di Kota Bukittinggi yang mencapai prestasi di regional Sumatera hingga nasional.