Desa Wisata Lawang Agam raih juara pertama ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

id Desa Wisata Lawang,Bupati Agam Andri Warman,Berita sumbar

Desa Wisata Lawang Agam raih juara pertama ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

Bupati Agam Andri Warman menerima penghargaan. (ANTARA/HO-Dok Diskominfo Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Desa Wisata Lawang, Kecamatan Matua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat keluar sebagai juara pertama kategori homestay dan toilet umum di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada 2023 dan nagari itu memperoleh hadiah sebesar Rp35 juta.

Pengumuman disampaikan saat malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8). Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Agam Andri Warman yang diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hariyanto.

“Alhamdulillah, anugrah ini diraih atas kerja keras seluruh pihak, baik Nagari atau Desa Adat Lawang, OPD terkait, akademisi, penggiat wisata dan masyarakat,” kata Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Senin.

Ia berharap anugerah ini dapat menjadi pemantik bagi daerahnya untuk terus mengembangkan kepariwisataan sebagai program unggulan.

Desa wisata lainnya di Sumbar yang memperoleh penghargaan diantaranya Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai meraih juara pertama kategori daya tarik pengunjung dan mendapatkan Rekor MURI Seni Rajah Tubuh (Tato) tertua, Desa Wisata Perkampungan Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung meraih juara pertama kategori desa wisata berkembang dan mendapatkan Rekor MURI Rumah Gadang Berjejer Terpanjang.

Setelah itu, Desa Wisata Nyarai Kabupaten Padang Pariaman meraih juara harapan kategori daya tarik pengunjung dan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang meraih juara harapan kategori desa wisata maju.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menambahkan 75 dari 4.573 desa wisata terbaik terpilih sebagai terbaik pada ADWI.

Ini diharapkan menjadi motivasi untuk pariwisata yang lebih baik lagi.

"Hari ini, 75 desa yang terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan motivasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," katanya.

Adapun penilaian ADWI terbagi menjadi sejumlah kategori yang meliputi daya tarik pengunjung, suvenir, homestay dan toilet, digital, kreatif, kelembagaan desa wisata dan CHSE.

Adapula kategori desa wisata maju, desa wisata berkembang, desa wisata rintisan dan desa wisata terrbaik. Masyarakat juga diberi waktu untuk memilih langsung kategori Desa Wisata Favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf. Sebelumnya, Sandiaga melakukan kunjungan ke 75 besar desa wisata ADWI 2023 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Acara juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria, Walinagari Lawang Frangky, pengelola desa wisata Lawang Zilfaroni serta Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2DEWI) Moch Abdi.