Pariaman pastikan program PAUD ke SD menyenangkan berjalan lancar

id Paud pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pariaman pastikan program PAUD ke SD menyenangkan berjalan lancar

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pariaman, Sumatera Barat Ny. Lucyanel Genius sedang mengunjungi sekolah untuk memastikan berjalannya program transisi PAUD ke SD Menyenangkan di daerah itu. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pariaman, Sumatera Barat Ny. Lucyanel Genius memastikan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI tentang Transisi PAUD ke SD menyenangkan berjalan dengan lancar di daerah itu.

“Kita menginginkan di masa transisi ini, dijalani anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan enam pondasi dasar yang disampaikan yang harus dimiliki oleh anak-anak," kata Ny. Lucyanel Genius di Pariaman, Minggu.

Ia menyampaikan untuk memastikan berjalannya program tersebut dirinya bersama pemangku berkepentingan lainnya di daerah itu telah mengunjungi Ny. Lucyanel Genius pada Kamis (24/8).

Pada kesempatan tersebut ia memastikan pihak sekolah melaksanakan pengenalan sekolah dengan cara menyenangkan dan tidak menerapkan tes masuk sekolah serta menyempatkan diri untuk bertanya jawab dengan siswa.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan sukses dan mereka menjadi siswa-siswa yang senang belajar," ujarnya.

Sementara itu, Kabid PNF dan PAUD Dikdas Kota Pariaman, Yurnal mengatakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini merupakan salah satu program dari kementerian untuk mewujudkan transisi siswa dari PAUD ke SD menjadi menyenangkan.

“Biasanya pembelajaran dari TK ke SD banyak perbedaan, namun sekarang dalam transisi PAUD ke SD menyenangkan, pembelajarannya sama hanya peningkatan sedikit khususnya untuk kelas 1 dan kelas 2 SD," katanya.

Ia menyebutkan tiga target perubahan pada transisi PAUD ke SD yang menyenangkan tersebut yaitu menghilangkan tes calistung sewaktu siswa mendaftar ke SD, menerapkan MPLS di SD, dan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak.

“Untuk Pariaman, agar transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini sukses maka akan dipandu langsung oleh Bunda PAUD Kota Pariaman, Bunda PAUD kecamatan dan Bunda PAUD desa dan kelurahan," tambahnya.