Polres Sawahlunto tanam seribu bibit pohonbuah

id Polres sawahlunto, penanaman pohon

Polres Sawahlunto tanam seribu bibit pohonbuah

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti sedang menanam bibit pohon, di halaman belakang Polres tersebut, Rabu (23/8). (ANTARA/HO-Polres Sawahlunto)

Padang (ANTARA) - Polres Sawahlunto, Sumatera Barat menanam seribu bibit pohon buah di halaman belakang Polres setempat tersebut dalam upaya pelestarian dan kesinambungan lingkungan.

Kapolres Sawahlunto AKBP. Purwanto Hari Subekti, di Sawahlunto, Rabu mengatakan seribu bibit pohon tersebut terdiri dari bibit durian, mangga, jeruk, kelengkeng dan rambutan.

"Bibit buah yang telah ditanam masing-masing sebanyak 200 batang. Kegiatan dilakukan dalam rangkaian penanaman pohon bersama Polri di seluruh Indonesia yang mengambil tema 'Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini'," katanya.

Menurut dia jenis pohon itu dipilih karena dinilai bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat ke depan. Tidak hanya untuk kelestarian lingkungan, tetapi masyarakat juga bisa memetik hasilnya.

"Kami berharap semua pihak bisa ikut menjaga pohon yang telah ditanam ini agar bisa terus tumbuh, berkembang dan terus memberikan hasil," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen Polri dalam melestarikan alam dan menciptakan suasana yang lebih hijau karena pohon memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian hidup manusia, hewan dan tumbuhan.

Ia mengatakan dengan banyaknya pohon ketersediaan sumber air juga terjaga sehingga ketersediaan makanan mulai dari buah-buahan segar hingga berbagai sayuran dapat terus berlangsung.

Selain itu pepohonan juga bisa menjaga lingkungan dari kerusakan akibat bencana seperti longsor dan banjir.

Penanaman pohon tersebut diikuti Wakapolres Kompol Asnomi Nanda, Walikota Sawahlunto diwakili oleh Camat Lembah Segar Afriandes, Dandim 0310 SSD diwakili oleh Pelda Supriadi, Kepala Desa Santur Sri Adianto, PJU Polres Sawahlunto, Bhayangkari cabang Sawahlunto dan Tokoh Masyarakat Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.