Pemnag Sago Salido salurkan bantuan itik petelur pada masyarakat kurang mampu

id berita sumbar,Pemnag Sago Salido ,berita pessel

Pemnag Sago Salido salurkan bantuan itik petelur pada masyarakat kurang mampu

Pemnag Sago Salido salurkan bantuan itik petelur pada masyarakat kurang mampu

Painan (ANTARA) - Pemerintah Nagari Sago Salido menyerahkan bantuan Itik petelur beserta pakan itik kepada masyarakat kurang mampu di Nagari Sago Salido. Dalam rangka pelaksanaan program prioritas ketahanan pangan dan hewani nasional APBDes 2023,

Penyerahan bantuan Itik petelur tersebut dilakukan langsung oleh Walinagari Sago Salido, Syafriadi di kantor walinagari setempat, Selasa (22/8). Acara itu dihadiri oleh Bhabinkamtibmas, Bamus Sago Salido, tim Penyuluh Dinas Pertanian, LPMN dan perangkat Nagari Sago Salido

Walinagari Sago Salido Syafriadi dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Ketahanan Pangan Hewani dalam bentuk penyerahan bantuan Itik petelur beserta pakan itik ini kepada keluarga kurang mampu dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023 yang mengamanatkan setiap desa memanfaatkan 20 persen Paling Sedikit Dana Desa untuk program Ketahanan Pangan dan Hewani.

Pada APBDes 2023 kali ini, Pemerintah Nagari Sago Salido menganggarkan senilai Rp.92.735.000 untuk penyerahan Itik petelur beserta pakan itik ini dari 20 persen program ketahanan pangan dan hewani APBDes Sago Salido tahun 2023, dengan jumlah penerima sebanyak 75 masyarakat kurang mampu di Nagari Sago Salido. Setiap penerima diberikan bantuan enam ekor itik serta satu karung pakan itik.

"Penyerahan bantuan Itik petelur beserta pakan itik ini, dijadikan program ketahanan pangan hewani Nagari Sago Salido, Bantuan Itik petelur beserta pakannya, bukan hanya bantuan secara cuma - cuma dan jangka pendek yang diberikan kepada masyarakat, tetapi bagaimana kita mendorong kemandirian ekonomi dan produktivitas bagi masyarakat," katanya .

Disebutkan, masyarakat diminta untuk mengembangkan bantuan ternak itik ini secara berkesinambungan, dimana manfaatnya untuk jangka panjang. Salah satu tujuan program ini adalah untuk pemulihan ekonomi bagi masyarakat nagari. "Semoga bantuan Itik ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat Nagari Sago Salido ke depan," harapnya.