Tiga gajah ikut kibarkan bendera Merah Putih di Riau

id Tiga gajah Sumatra, gajah kibarkan bendera, bendera merah putih,BB KSDA Riau,HUT RI

Tiga gajah ikut kibarkan bendera Merah Putih di Riau

Tiga Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) turut dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih di peringatan HUT Ke-78 RI di halaman BBKSDA Riau, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru, (ANTARA) - Tiga Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di halaman Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis pagi.

Tampak ketiga gajah berjalan rapi dipandu oleh mahaout atau pawang gajah menuju tiang pengibaran bendera. Bahkan, salah seekor gajah tersebut turut mengerek tali untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Kepala Bidang Teknis BB KSDA Riau Hartono menyebutkan tujuan melibatkan satwa berbelalai dalam pengibaran bendera Merah Putih ini bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa gajah merupakan satwa dilindungi. Selain tentunya memeriahkan ulang tahun ke-78 RI.

“Tujuannya adalah sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini dianggap sebagai hama atau merupakan hewan yang dilindungi,” kata Hartono.

Dikatakan Hartono, tiga gajah ini merupakan satwa yang dimanfaatkan pihaknya untuk mitigasi konflik dan pengendalian permasalahan terkait gajah di Riau. Dalam persiapannya mahout dan ketiga gajah ini hanya membutuhkan waktu setengah hari untuk berlatih menarik tali bendera Merah Putih.

Pengibaran Bendera Merah Putih ini dibantu oleh seekor gajah jantan bernama Bankin serta dua gajah betina bernama Indah dan Vera yang berusia 20-35 tahun. Prosesi pengibaran bendera bersama gajah merupakan yang pertama kali di Riau.

“Benar, yang pertama di Riau, dalam rangka HUT ke-78 R, kami ingin melibatkan satwa untuk berperan serta dalam pengibaran bendera,” tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tiga gajah ikut kibarkan bendera Merah Putih di Riau