Seekor Gajah Sumatera lahir di Pelalawan Riau

id Gajah Sumatera, bayi gajah, bayi gajah lahir

Seekor Gajah Sumatera lahir di Pelalawan Riau

Bayi gajah sumatera yang baru lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP dan sang induk, Carmen (ANTARA/Ho-BBKSDA Riau)

Jakarta (ANTARA) - Seekor bayi Gajah Sumatera lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau Kamis (6/4) pukul 05.00 WIB dari induk gajah binaan yang diberi nama "Carmen".

Bayi gajah yang lahir berjenis kelamin Jantan dengan berat badan 90,9 kilogram dan lahir dalam kondisi normal. Induk gajah Carmen berusia 14 tahun yang lahir di lokasi yang sama pada 5 Januari 2009 dari induk betina bernama Meri.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan, Jumat mengatakan telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap induk dan anak gajah yang baru lahir tersebut. Genman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak PT. RAPP yang telah merawat titipan gajah sumatera tersebut dengan baik, dan terbukti dengan adanya kelahiran beberapa gajah sejak penitipan.

"Sampai saat ini sudah tiga ekor gajah bertambah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui. Yang sedianya berjumlah empat ekor menjadi tujuh ekor, empat betina dengan nama Mery, Carmen, Ika dan Mira serta tiga jantan dengan nama Raja Arman, Ade dan gajah yang baru lahir," katanya.

Penempatan gajah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT. RAPP lanjutnya dimulai sejak tahun 1994 di Estate Langgam sebanyak 4 individu gajah ( 3 betina dan 1 jantan). Namun sejak tahun 2007 dipindahkan ke Estate Ukui dan diberi nama Unit Konservasi Gajah Estate Ukui.

"Semoga kelahiran ini akan memberi semangat baru dalam pelestarian gajah di masa mendatang," ujar Genman S. Hasibuan.

Conservation Head PT RAPP, Indra Gunawan juga menyampaikan akan akan terus mendukung Balai Besar KSDA Riau dalam Konservasi Gajah di Provinsi Riau. Semoga makin banyak yang peduli terhadap konservasi satwa ini," sebutnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seekor bayi gajah sumatera lahir di Pelalawan Riau