BPBD Padang tangani pohon tumbang timpa rumah dan kendaraan warga

id Bpbd,Padang,Sumbar,Bencana,Pohon tumbang,Banjir

BPBD Padang tangani pohon tumbang timpa rumah dan kendaraan warga

Petugas BPBD Padang bersama pihak terkait lainnya membersihkan material pohon tumbang pada Senin (14/8/2023). ANTARA/HO-BPBD Padang

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat belasan kejadian pohon tumbang pada Senin (14/8) siang yang di antaranya menimpa rumah warga serta sepeda motor yang sedang terparkir.

"Berdasarkan rekapitulasi data hingga sore ini ada 14 kejadian pohon tumbang yang terjadi saat hujan mengguyur Kota Padang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Albana di Padang, Senin.

Ia mengatakan tim dari BPBD padang sudah diterjunkan ke lokasi untuk pengerjaan serta pembersihan material pohon tumbang hingga malam hari, dibantu instansi terkait serta warga setempat.

Dari belasan titik pohon tumbang itu ada yang menimpa rumah warga, warung, kabel listrik, pagar rumah, serta lima unit sepeda motor yang sedang terparkir.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun ada kerugian materil karena pohon menimpa rumah dan kendaraan warga," jelasnya.

Ia merinci belasan titik pohon tumbang itu terjadi di simpang lampu merah Lubuk Begalung Lubeg depan Ampera Yobana.

Kemudian di Jalan Situjuh, kelurahan Jati Baru dimana pohon tumbang menimpa pagar rumah, lalu di Jalan Sutan Syahrir Kelurahan Mata Air pohon menimpa lima unit sepeda motor.

Dua kejadian menghambat akses jalan warga yakni di Jalan S Parman Lolong Belanti dan Jalan Parak Kopi Kelurahan Alai Padang Utara.

Kemudian dua titik menimpa kabel listrik yakni di Komplek GOR H Agus Salim padang, dan di RT 03 RW 04 Kelurahan Seberang Palinggam.

Lima kejadian tercatat menimpa rumah warga yaitu di Komplek Permata Harbaindo Kecamatan Lubuk Begalung, di RT 02 RW 10 Kelurahan Pasia Nan Tigo, di Jalan Sutan Syahrir Seberang Padang, Cendana Mata Air Kolam Indah 3, dan di Kandang Simpang 4 Bungus Barat.

Kejadian pohon tumbang juga tercatat menimpa warung di Jalan Taratak Paneh Nomor 5 Kelurahan Kuranji, dan menghambat saluran irigasi di RT 05 Parak Jambu Kelurahan Dadok Tunggul Hitam.

Pada bagian lain, BPBD Padang mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap bencana. Terutama saat hujan lebat dengan durasi yang lama.