Wako Pariaman nilai IMP berperan penting sukseskan program KB

id Wako Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Wako Pariaman nilai IMP berperan penting sukseskan program KB

Wali Kota Pariaman Genius Umar saat membuka Evaluasi dan Monitoring Program Bangga Kencana Kader KB dengan tema “Peran Dan Fungsi Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP)” di Pariaman, Jumat. HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar menilai Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) berperan penting dalam menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) di daerah itu.

“Tanpa kader IMP program KB di Indonesia dipastikan sudah tidak berjalan lagi dan tidak mampu mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat Evaluasi dan Monitoring Program Bangga Kencana Kader KB dengan tema “Peran Dan Fungsi Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP)” di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan keberhasilan program KB karena didukung oleh personil kader IMP yang banyak hingga menjangkau seluruh desa dan dusun serta memiliki daya juang yang tinggi dalam rangka ikut mensukseskan program KB.

Bahkan menurutnya di era sekarang ini khususnya di era otonomi daerah kader IMP perannya penting dan menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan untuk tetap dapat mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat.

“Kader KB adalah ujung tombak suksesnya pembangunan KB di tingkat desa dan kelurahan di Pariaman," katanya.

Ia mengatakan kader KB tidak saja melaksanakan tugas-tugas dan menyosialisasikan KB kepada pasangan usia subur dan mengedukasi pasangan untuk merencanakan keluarga sehat namun juga untuk memenuhi kebutuhan KB bagi masyarakat dan pasangan usia subur serta pencegahan stunting.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Lucyanel Arlym mengatakan kedudukan dan peran IMP dalam pembangunan KB di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.

“Yang perlu dipahami oleh setiap kader IMP adalah bahwa intensitas dan kualitas pelaksanaan enam peran bakti institusi dari kader IMP selanjutnya akan diukur berdasarkan parameter yang telah ditentukan," ujarnya.

Ia menyebutkan ke enam peran bakti institusi kader IMP tersebut antara lain pengorganisasian, pertemuan, KIE dan konseling, pencatatan pendataan, pelayanan kegiatan, dan kemandirian.