Unand tandatangani kontrak pelaksanaan dana abadi perguruan tinggi

id Universitas Andalas, dana abadi lpdp,padang

Unand tandatangani kontrak pelaksanaan dana abadi perguruan tinggi

Gedung Rektorat Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menandatangani kontrak pelaksanaan program enhancing quality education for international university recognition (equity) atau disebut juga program dana abadi perguruan tinggi yang didanai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) senilai Rp10,3 miliar.

"Program equity ini digunakan untuk meningkatkan tri dharma Universitas Andalas untuk mencapai standar internasional dan mengembangkan menjadi world class university," kata Rektor Unand Prof Yuliandri si Padang, Senin.

Selain Unand, beberapa Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) lainnya juga ikut menandatangani kontrak dana abadi yang disiapkan LPDP tersebut.

Prof Yuliandri menjelaskan peningkatan tri dharma berstandar internasional dilakukan melalui peningkatan kualitas pada bidang-bidang keilmuan strategis. Khususnya pada proses pembelajaran, peningkatan kualitas sarana pembelajaran dan penelitian, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal tersebut, lanjut dia, sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi, mendorong, mempercepat kampus delapan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi nasional.

Untuk mencapai status kampus kelas dunia, perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut berupaya membangun kesadaran civitas academika tentang pentingnya pemeringkatan dunia melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Selain itu, Unand juga perlu mewujudkan diferensiasi misi perguruan tinggi dengan mendorong fokus peran dalam mengemban tri dharma sebagai research university," jelas dia.

Senada dengan rektor, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Unand, Dr Muhammad Makky menjelaskan salah satu strategi Unand mencapai kampus kelas dunia, yakni melalui peningkatan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Termasuk pula kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri serta pemerintah dalam mencapai employer reputation dan employment outcomes. Tidak hanya itu, kerja sama dengan universitas kelas dunia juga dibutuhkan dalam mengakselerasi pengembangan pendidikan dan penelitian, khususnya publikasi kelas dunia serta hak kekayaan intelektual internasional.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unand tandatangani kontrak pelaksanaan dana abadi perguruan tinggi