Pariaman raih kota layak anak kategori Nindya

id kota layak anak pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar,Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar

Pariaman raih kota layak anak kategori Nindya

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar menerima anugerah Pariaman peroleh KLA Kategori Nindya. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat meraih status kota layak anak (KLA) kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Ada peningkatan dari ta­hun-tahun sebelumnya yaitu Madya ke Nindya, dan penghargaan KLA ini merupakan kedelapan yang diterima Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Minggu.

Penghargaan KLA kategori Nindya tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI kepada Genius Umar di Jawa Tengah pada Sabtu malam (22/7).

Genius mengatakan peningkatan kategori KLA tersebut membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan penguatan seluruh pemangku berkepentingan di Pariaman dalam pemenuhan hak dan melindungi anak-anak.

Ia menyampaikan dalam menyusun program pembangunan dan kegiatan yang ada pihaknya berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak bahkan diajak terlibat dalam setiap perencanaan.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada organisasi perangkat daerah dan unsur terkait yang telah berjuang selama ini. Penghargaan ini kami jadikan sebagai pemicu dalam meningkatkan kinerja untuk pembangunan di segi kelayakan bagi anak," katanya.

Ia menegaskan pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta selalu memperhatikan fasilitas dan infrastruktur yang ramah anak.

Ia berharap seluruh upaya yang telah dilakukan selama ini dapat menjadikan Pariaman sebagai daerah yang ramah terhadap anak sehingga lahir generasi sehat, genius, tangguh, dan unggul.

Ia menambahkan meskipun Pariaman telah mendapatkan KLA kategori Nindya pihaknya akan berupaya agar daerah itu bisa mendapatkan kategori Utama.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat berkomitmen untuk terus mewujudkan daerah itu sebagai Kota Layak Anak (KLA) dengan dibuktikan perolehan predikat KLA kategori Madya selama enam kali berturut-turut.

"Pemkot Pariaman sangat serius dalam mendukung terwujudnya Kota Layak Anak di Kota Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan untuk mewujudkan Pariaman ramah terhadap anak tidak mudah karena perlu komitmen yang kuat, kapasitas kelembagaan yang mumpuni, juga kesamaan paradigma mengenai anak, dan kolaborasi yang sinergis seluruh lapisan masyarakat di daerah itu.

Oleh karena itu, lanjutnya untuk memenuhi kebijakan, program dan kegiatan dalam menjamin terpenuhinya hak serta perlindungan anak, Pemkot Pariaman menjalin kerjasama dan membuat komitmen bersama dalam pemenuhan hak-hak anak dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah itu.