Kadin dorong mahasiswa jadi pengusaha muda bantu ekonomi nasional

id Jiwa pengusaha, pengusaha muda, ketua umum kadin

Kadin dorong mahasiswa jadi pengusaha muda bantu ekonomi nasional

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat (kanan) bersama Rektor Unand Prof Yuliandri (kiri) saat diwawancarai awak media massa di Padang, Rabu, (12/7). ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengajak para mahasiswa di Tanah Air untuk menjadi bagian dari pengusaha-pengusaha muda guna mendorong serta membantu percepatan perekonomian nasional.

"Kita harus bekerja sama bagaimana memastikan lebih banyak lagi yang menjadi pengusaha salah satunya dari kalangan mahasiswa," kata Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia saat memberikan kuliah umum bertajuk "Generasi muda pengusaha: Potret masa depan Indonesia" yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas.

Menurut dia, Unand sebagai perguruan tinggi sudah menunjukkan peran penting dalam mendorong setiap mahasiswa di perguruan tinggi itu menjadi pengusaha-pengusaha muda.

"Menurut saya Unand sudah hebat karena memasukkan nilai-nilai dan spirit entrepreneurship ke mahasiswanya," kata Arsjad Rasjid.

Langkah yang dilakukan perguruan tertua di luar Pulau Jawa tersebut dinilai relevan dengan semangat masyarakat Minangkabau yang sudah banyak melahirkan pengusaha atau saudagar sejak dulunya.

Sementara itu, Rektor Unand Prof Yuliandri mengatakan perguruan tinggi yang diresmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta tersebut memiliki program strategis yakni melahirkan lulusan yang berdaya saing global.

"Dan yang paling penting dari program strategis tersebut ialah para lulusan mempunyai spirit kewirausahaan," ujar dia.

Spirit kewirausahaan tersebut juga dibarengi dengan pembekalan pendidikan karakter yang kuat terhadap mahasiswa. Sebab, untuk menciptakan generasi bangsa harus diiringi dengan pendidikan karakter, jelas dia.

Tidak hanya itu, perguruan tinggi tersebut juga memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang fokus pada kewirausahaan dan inkubasi bisnis.

Selain menghadirkan nilai-nilai dan spirit kewirausahaan, Unand juga secara berkala mendatangkan tokoh-tokoh yang bisa memotivasi mahasiswa agar memiliki jiwa kewirausahaan salah satunya Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadin dorong mahasiswa jadi pengusaha muda bantu ekonomi nasional