Dinas Perikanan Dan Pangan Pesisir Selatan atasi Stunting melalui Gemarikan

id Dinas Perikanan Dan Pangan Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar,Gemarikan

Dinas Perikanan Dan Pangan Pesisir Selatan atasi Stunting melalui Gemarikan

Dinas Perikanan Dan Pangan Pesisir Selatan atasi Stunting melalui Gemarikan

Painan (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebut melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bisa membantu mengatasi stunting.

"Ketika kita bisa meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat berarti secara tidak langsung kita bisa menurunkan angka stunting," kata Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan. Hal ini karena komposisi nutrisi dan protein pada ikan sangat baik untuk kesehatan, pertumbuhan, dan kecerdasan anak," Riri Lovita di Painan, Senin (10/7).

Ia menjelaskan gemarikan adalah gerakan nasional yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat seperti institusi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, pelaku usaha perikanan, dan masyarakat umum untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar gemar memakan ikan.

"Target dari gemarikan ini sebenarnya untuk seluruh masyarakat, tetapi saat ini kegiatan gemarikan lebih kita utamakan kepada balita untuk penurunan stunting dengan melibatkan ibu rumah tangga," ungkapnya.

Untuk mensukseskan gemarikan tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya seperti melakukan safari gemarikan ke berbagai kecamatan di Pesisir Selatan untuk mensosialisasikan atau menyebarluaskan informasi tentang ikan dan manfaatnya.

"Kita juga telah bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk mensosialisasikan gemarikan tersebut," sebutnya.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan penguatan edukasi kepada masyarakat dengan mendemonstrasikan masakan olahan berbahan ikan agar menjadi makanan yang menarik untuk dikonsumsi.

"Jadi saat melakukan sosialisasi tersebut, kita mengundang ibu-ibu rumah tangga, harapannya agar mereka bisa membuat makanan olahan berbahan ikan seperti bakso ikan dan makanan olahan ikan lainnya yang menarik agar dikonsumsi dan disukai anak-anak," tuturnya.