Kwartir Cabang 0310 Pramuka Kota Solok ikuti Karang Pamitran Nasional

id Kwartir cabang, 0310 parmuka, Kota Solok, ikuti karang, pamitran nasional,Kwartir Cabang 0310 Pramuka Kota Solok,Pramuka,solok

Kwartir Cabang 0310 Pramuka Kota Solok ikuti Karang Pamitran Nasional

Ketua Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat menyerahkan medali ke adik-adik pramuka di kota itu (ANTARA/HO-Prokomp Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok, Sumatera Barat mengirim pembina Pramuka untuk mengikuti Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2023 di Cibubur, Jakarta Timur. 3-8 Juli ini.

Ketua Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Senin mengatakan, Karang Pamitran Nasional ini merupakan pertemuan dan silaturahim kakak-kakak pembina gugus depan seluruh Indonesia.

“Ini merupakan momentum dan kita jadikan sebuah kesempatan bagi kakak-kakak yang akan mengikuti, sebagai media untuk menggali pengetahuan yang seluas-luasnya, dan bermanfaat untuk kakak-kakak,” kata Ramadhani.

Ia berharap anggota pramuka yang diutus mengikuti Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2023 tersebut nantinya setelah pulang bisa memotivasi anggota yang lain.

"Sehingga ilmu-ilmu kepramukaan kita di Kota Solok semakin mantap dan Pramuka semakin kita bumikan di Kota Solok agar bermanfaat bagi masyarakat dan generasi muda,” kata Ramadhani.

Karang Pamitran adalah kegiatan bagi anggota Pramuka dewasa yang terdiri dari pembina pramuka.

Karang Pamitran Nasional tahun 2023 ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 8 Juli 2023 dengan tema “Merajut Persatuan dalam Keberagaman".

Untuk kegiatan ini, Kwarcab Kota Solok mengirim sebanyak 14 peserta terdiri atas satu orang Kapusdiklatcab, pembina siaga empat orang (dua pa dan dua pi), pembina penggalang empat orang (dua pa dan dua pi), pembina penegak tiga orang (2pa dan 1pi), dan 1 orang pembina pramuka berkebutuhan khusus serta satu orang peninjau.

Peserta Karang Pamitran nantinya akan melaksanakan kegiatan berupa dinamika kelompok, musyawarah perkenalan, pengelolaan satuan gugus depan, wawasan, strategi pencapaian pramuka garuda, teknologi informasi, inovasi latihan kepramukaan.

Lebih lanjut, literasi digital dan kewirausahaan, teknik kepramukaan atau tekpram, perlindungan anggota pramuka dan manajemen risiko, bedah buku, icebreaking atau memecah kebekuan, seminar, tata Kelola gudep, pentas seni dan lain-lain. Kegiatan itu juga akan dilaksanakan sesuai golongan pembina siaga, penggalang dan penegak pandega.

Pelepasan Peserta KPN dari Kota Solok yang dilaksanakan di Aula Zahirmi Ajis Balaikota Solok turut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan, Kemenag Kota Solok , Dispora Kota Solok, Pengurus Kwartir, Kapusdiklatcab, Ketua Harian, andalan cabang dan Kamabigus serta peserta KPN. ***3***