Pemkot Solok harapkan forikan tingkatkan konsumsi ikan masyarakat

id Forikan Solok, diharapkan mampu, tingkatkan konsumsi, ikan masyarakat

Pemkot Solok harapkan forikan tingkatkan konsumsi ikan masyarakat

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat memimpin rapat di lingkungan Pemkot Solok (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, mengharapkan keberadaan forum peningkatan konsumsi ikan (forikan) dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di daerah itu melalui berbagai gebrakan yang dilakukan.

"Salah satu upaya untuk mensinergikan pelaksanaan program gemar makan ikan (gemarikan) adalah melalui pembentukan forikan," kata Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat.

Pengurus forikan yang dibentuk bertujuan untuk memperkuat koordinasi di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan sehingga dapat berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator.

"Melalui forikan ini, kita secara bersama dapat memasyarakatkan makan ikan sehingga dapat meningkatkan angka konsumsi ikan," ucap dia.

Program gemarikan yang diusung Forikan Solok mengangkat visi misi “Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Ikan Sebagai Menu Utama Keluarga."

Forikan juga diharapkan mampu berperan strategis dalam peningkatan konsumsi ikan dan menjadikan makan ikan sebagai budaya.

"Mari bersama-sama kita berkumpul dan memadupadankan tekad dan niat kita untuk memajukan kesejahteraan Kota Solok melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi," katanya.

Zul Elfian mengatakan, untuk membangun sesuatu yang besar tentunya harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya dimulai dari peningkatan konsumsi ikan keluarga.

"Dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan Kota Solok perlu kita rencanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung forikan dalam peningkatan konsumsi ikan," kata dia.

Untuk itu, kita perlu mensosialisasikan kegiatan forikan pada 2023 dan rencana kegiatan di 2024 kepada pengurus Forikan Kota Solok, pengurus forikan kecamatan dan pengurus forikan kelurahan, katanya.

Ia berharap kepada pengurus dapat memberikan kontribusi dengan menyampaikan masukan demi mendapatkan program kerja yang dapat mewujudkan peningkatan konsumsi ikan masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua Forikan Kota Solok Dona Ramadhani Kirana Putra menyampaikan visi dan misi Forikan Kota Solok. yakni visinya terwujudnya masyarakat yang sehat, kuat dan cerdas.

Sedangkan misinya meningkatkan konsumsi ikan. Meningkatkan tumbuh kembang kreativitas keragaman usaha UMKM pengolahan dan pemasaran ikan. Meningkatnya kegiatan pada dinas terkait dan kampanye peningkatan konsumsi ikan, serta menjadikan produk perikanan sebagai komoditas strategis ketahanan pangan.

Lebih lanjut, ia menyebutkan program kerja Forikan Kota Solok tahun 2023, yaitu peningkatan angka konsumsi ikan, kampanye gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan), penurunan angka stunting.

Kegiatan Forikan Kota Solok tahun 2023 berupa rakor rorikan tingkat kota, pemberian makanan ringan olahan ikan, pembinaan dan sosialisasi gemarikan, lomba masak serba ikan tingkat Kota Solok, pelaksanaan hari makan ikan, pembuatan baliho gemarikan, pembinaan pada kelompok pengolahan dan pemasaran (poklahsar).