Sumbar nilai Forikan Solok

id Forikan Solok

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Barat menilai lomba forum konsumsi ikan (Forikan) dan lomba implementasi gemar ikan pada kurikulum PAUD Kabupaten Solok, Rabu.

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin di Arosuka mengatakan Forikan adalah gerakan dalam upaya mendukung akselerasi dan mensukseskan gerakan memasyarakatkan makan ikan yang telah menjadi program nasional.

Ia menyebutkan untuk lomba kategori forikan nagari di Solok nominasinya adalah Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, sedangkan kategori lomba Forikan tingkat PAUD yaitu PAUD TK Pembina Nagari Koto Baru.

"Alhamdulilah Kabupaten Solok secara administrasi telah masuk nominasi kategori lomba forikan nagari atau kelurahan Kabupaten Kota dan lomba implementasi gemar ikan pada kurikulum paud bersama tujuh kabupaten dan kota lainnya," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya lomba ini dapat menunjang kegiatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat di daerah tersebut terutama pada anak-anak usia sekolah.

"Sebab, mengonsumsi ikan lebih sehat dan tinggi gizinya dibanding daging ataupun ayam yang bagus untuk mencerdaskan anak," ujarnya.
Ketua Forikan Sumbar Nevi Zuairina (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)


Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Nevi Zuairina mengatakan sangat tepat kiranya ikan sebagai salah satu sumber daya asupan protein yang mempunyai nilai gizi tinggi dan keistimewaan.

"Karena ikan banyak manfaatnya, maka dari itu perlu untuk ditingkatkan konsumsinya pada setiap rumah tangga, terutama bagi anak-anak," ujarnya.

Apalagi potensi ikan yang berlimpah di Kabupaten Solok, seperti lima danau yang memiliki berbagai spesies ikan yang bisa dikonsumsi khususnya ikan bilih yang ada di Danau Singkarak

"Saya berharap ikan bilih ini jangan sampai punah karena ikan ini adalah ikan khas danau Singkarak yang tidak bisa kita temui dimanapun, ikan ini mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan, khususnya untuk pertumbuhan anak," katanya. (*)
Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin menyerahkan bibit ikan kepada Nagari Koto Baru. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar