Sebagian masyarakat Solok Selatan sudah shalat ID

id Sholat id adha Solok Selatan,Berita Solok Selatan,Berita sumbar

Sebagian masyarakat Solok Selatan sudah shalat ID

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Solok Selatan Mahadolok Ritonga. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Sebagian masyarakat di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sudah melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi, Rabu.

"Memang ada beberapa masjid yang sudah melaksanakan salat Idul Adha hari ini tetapi Pemerintah Daerah akan melaksanakan Kamis," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Solok Selatan Mahadolok Ritonga, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, Pemkab Solok Selatan akan memusatkan pelaksanaan salat Idul Adha di halaman kantor Bupati setempat.

Warga Sungai Pagu Afriadi Nursal mengatakan, hari ini memang ada beberapa masjid yang sudah melaksanakan salat Id seperti di Nagari pasar Muaralabuh.

"Selai di Pasar Muaralabuh ada beberapa masjid di Sungai Pagu dan Koto Parik Gadang Diateh yang melaksanakan salat ID," ujarnya.

Sedangkan di Kecamatan Sangir yang menjadi pusat Ibu Kota Kabupaten juga ada beberapa masjid yang sudah melaksanakan salat ID seperti di Jabal Nur Padang Aro dan Simpang Limau.

Warga lainnya Ardi mengatakan, yang banyak warga melaksanakan salat ID di Kabupaten Solok sedangkan di Solok Selatan baru beberapa.

"Saya pagi dari Solok dan banyak masjid di Kabupaten Solok yang sudah melaksanakan salat ID Idul Adha," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sendiri menurunkan tim untuk memeriksa kesehatan dan memastikan hewan kurban terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) serta lumpy skin diseses (LSD).

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Nurhayati mengatakan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah di sembelih agar dagingnya aman dikonsumsi.

Selain itu Pemkab Solok Selatan juga sudah melakukan pertemuan dengan pengurus masjid maupun panitia kurban guna pelarangan pemotongan sapi betina bertanduk produktif serta sosialisasi tatalaksana pemotongan hewan kurban.