Pariaman targetkan bagikan 10 ribu bendera jelang HUT Kemerdekaan

id HUT Kemerdekaan pariaman,berita pariaman,berita sumbar,pemkot pariaman

Pariaman targetkan bagikan 10 ribu bendera jelang HUT Kemerdekaan

Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Sumbar membagikan Bendera Merah Putih kepada warga di daerah itu. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menargetkan membagikan 10 ribu Bendera Merah Putih kepada warga di daerah itu menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

"Kami telah memberikan ratusan bendera pagi tadi kepada warga di Pariaman bersamaan dengan rangkaian Peringatan HUT ke-77 Bhayangkara dan HUT ke-21 Kota Pariaman," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pariaman Ferry Ferdian Bagindo Putra di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan pembagian bendara tersebut merupakan upaya untuk memupuk semangat cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme warga Pariaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya hal tersebut diperlukan karena akhir-akhir ini warga terkesan acuh dengan tidak mengibarkan Bendera Merah Putih mulai dari 1 Agustus atau hanya pada saat 17 Agustus.

"Oleh karena itu, dengan bendara bagikan kita meminta warga mengibarkan bendera semenjak 1 Agustus," katanya.

Ia menyampaikan untuk mencapai target 10 ribu bendera tersebut pihaknya menerapkan swadaya atau iuran dana pembelian dari berbagai pihak di Pariaman mulai dari pemerintahan, BUMD, BUMN, hingga pihak swasta.

Ia menyebutkan ukuran bendera yang dibagikan pada pagi tadi 90 x 60 centimeter yang pembagian tersebut diikuti oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman, DPRD Pariaman, Sekretaris Daerah Pariaman, dan Kapolres Pariaman.

Ia menambahkan pembagian Bendera Merah Putih dilaksanakan sebagai wujud dukungan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia yang digagas oleh Kementerian Dalam Negeri.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis meminta warga mengibarkan Bendera Merah Putih semenjak 1 Agustus guna merayakan peringatan hari kemerdekaan.

Menurutnya pemasangan bendera diperlukan untuk merayakan kemerdekaan serta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Ia menambahkan pembagian bendera pada pagi tadi juga dalam rangka kegiatan jalan santai sebagai rangkaian kegiatan HUT ke-77 Bhayangkara pada 1 Juli dan sekaligus HUT ke-21 Kota Pariaman Tahun 2023 pada 2 Juli.