Puskesmas di Pariaman edukasi kesehatan gigi sejak dini

id Puskesmas di Pariaman,Pemkot pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Puskesmas di Pariaman edukasi kesehatan gigi sejak dini

Puskesmas Kampung Baru Padusunan, Kota Pariaman, Sumbar saat melaksanakan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Pemeriksaan Gigi Dengan Kartu Monitoring Cegah Caries Anak (Pergi De’Turing Ceria) di sekolah. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Puskesmas Kampung Baru Padusunan, Kota Pariaman, Sumatera Barat mengedukasi dan memotivasi siswa di daerah itu sejak dini terkait kesehatan gigi dan mulut.

Edukasi dan motivasi tersebut dilaksanakan melalui inovasi pengembangan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Pemeriksaan Gigi Dengan Kartu Monitoring Cegah Caries Anak (Pergi De’Turing Ceria).

“Menurut data di lapangan, 90 persen anak mengalami gigi berlubang dan telah diberikan rujukan oleh petugas untuk mendapatkan tindakan di Puskesmas namun sangat sedikit yang datang ke Puskesmas," kata Kepala Puskesmas Kampung Baru Padusunan Badriah Khalidi di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan karena hal tersebut pihaknya membuat inovasi Pergi De’Turing Ceria guna memotivasi anak-anak agar mau dan sadar menjaga kesehatan gigi dan mulut serta melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Puskesmas.

Ia menyampaikan inovasi tersebut bertujuan untuk menurunkan angka prevalensi karies dan mewujudkan tujuan pemerintah “Indonesia Bebas Karies 2030”,

Menurutnya dengan gigi sehat maka fungsi pengunyahan makanan akan maksimal sehingga gizi anak terpenuhi serta anak-anak akan lebih konsentrasi belajar.

Ia meminta peran dan dukungan dari orang tua anak didik serta pihak sekolah khususnya guru Usaha Kesehatan Sekolah ikut serta memantaunya sehingga kesehatan gigi anak terjaga.

Pergi De’Turing Ceria menggunakan tiga kartu indikator yaitu kartu merah, kuning, dan hijau sebagai representasi keadaan gigi anak-anak.

"Anak-anak tentu termotivasi mendapatkan kartu yang hijau karena menunjukkan keadaan gigi baik," tambahnya.