Gubernur: Pengentasan stunting KKN Unand sesuai dengan visi pemerintah

id Kuliah kerja nyata, kkn Unand, gubernur Sumbar, Mahyeldi, berita sumbar ,Pencegahan stunting, stunting sumbar

Gubernur: Pengentasan stunting KKN Unand sesuai dengan visi pemerintah

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi memberikan paparan terkait peran mahasiswa dalam mengentaskan stunting di Padang, Sabtu, (3/6). ANTARA/HO-Humas Unand.

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) yang salah satu fokusnya mengentaskan stunting di daerah itu sesuai (sejalan) dengan visi atau pemikiran pemerintah pusat.

"Ini adalah pilihan yang sangat tepat, karena masalah stunting ini menjadi pikiran serius para pemimpin kita," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Sabtu.

Apalagi, kata dia, pada tahun 2024 pemerintah berupaya menekan angka stunting di bawah 14 persen. Khusus di Sumbar, saat ini angka stunting masih sekitar 25 persen.

"Oleh karena itu, peran semua pihak, termasuk dukungan dari perguruan tinggi dibutuhkan dalam mengatasi stunting. Langkah yang dilakukan Unand melalui KKN merupakan salah satu bentuk pengentasan stunting dan harus didukung semua pihak," ujar mantan Wali Kota Padang dua periode tersebut.

Melalui KKN Unand tersebut, harapan Presiden Joko Widodo yang menginginkan angka stunting di provinsi tersebut di bawah 14 persen pada tahun 2024 diyakini dapat segera diwujudkan.

"Ketika kerja sama dan sinergi dilakukan bersama, insya Allah bisa kita wujudkan, termasuk menekan angka stunting," ujar dia.

Menurutnya, 5.036 mahasiswa Unand yang akan melaksanakan KKN terhitung Juli hingga Agustus 2023, merupakan bagian dari upaya menyiapkan generasi bangsa sebagai pemimpin berikutnya.

Hal tersebut juga sejalan dengan pernyataan Kepala Negara bahwa tahun 2045 Indonesia disiapkan menjadi salah satu dari lima negara besar di dunia. Oleh karena itu, program KKN tersebut merupakan bagian dari menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan.

"22 tahun lagi tidak mungkin Pak Jokowi jadi presiden lagi, dan tidak mungkin juga saya jadi Presiden pada waktu itu. Namun, yang menjadi Presiden saat itu ialah mahasiswa yang hadir hari ini," kata dia menyemangati mahasiswa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur: Pengentasan stunting KKN Unand sesuai dengan visi pemerintah