Latsitardanus XLIII di Pasaman berjalan baik

id Latsitardanus XLIII di Pasaman,BERITA PASAMAN,BUPATI PASAMAN,BERITA SUMBAR,Bupati Benny Utam

Latsitardanus XLIII di Pasaman berjalan baik

Bupati Pasaman, Benny Utama saat meninjau kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusanta (Latsitardanus) XLIII 2023 (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pasaman)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, H. Benny Utama bersama Kapolres AKBP Yudho Huntoro dan Komandan Yontarlat III/Elang Letkol. Pnb. Ari Susiono, S.E, melihat kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusanta (Latsitardanus) XLIII 2023 didaerah itu berjalan dengan baik.

"Secara umum pelaksanaan Latsitardanus di Pasaman berjalan baik. Pembauran para Taruna dengan induk semang tempat tinggalnya, juga berlangsung harmonis," kata Bupati Benny Utama, Kamis (25/5).

Benny Utama mengatakan sejak menyambut kedatangan ratusan Taruna-Taruni di Pasaman pada Senin (22/5) kemarin selalu dalam perhatian serius.

"Ada 273 orang yang tergabung pada Yontarlat III elang yang disebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Lubuk Sikaping dan Kecamatan Bonjol," kata Benny.

Mengawali peninjauannya di Kantor Camat Lubuk Sikaping Rabu pagi kemarin. Ia menyaksikan kegiatan donor darah yang diikuti sejumlah Taruna Taruni dari Kompi A dan B Latsitardanus Pasaman.

Donor darah itu sendiri digelar PMI Cabang Pasaman, yang diketuai Sabar AS, yang juga Wakil Bupati Pasaman, dibantu tenaga medis dari Puskesmas Lubuk Sikaping dan Puskesmas Sundatar.

Beberapa lokasi rumah induk semang tempat tinggal peserta latsitarda di Kecamatan Bonjol, ditinjau Bupati Pasaman dan Kapolres, didampingi Danyontarlat III Elang.

Seperti halnya rumah milik Bunga yang berlokasi di Pasar Bonjol.

Lima orang Taruna yang 'nginap' di rumah induk semang, tampak menyatu dengan keluarga Bunga dan Sang Suami W. Datuak Ngamuak, juga anak-anaknya.

"Alhamdulillah anak-anak Taruna terlihat menyatu dengan induk semangnya, dan tuan rumah juga tampak senang menjamu para taruna," sebut Bupati Benny Utama.

Beberapa pemondokan induk semang lainnya di Bonjol, ikut dikunjungi.

Untuk diketahui, Peserta Latsitardanus dari Kompi C dan Kompi D di Kecamatan Bonjol, berjumlah 90 orang, yang merupakan Taruna Taruni gabungan dari Akademi TNI (AD, AU, AL), AKPOL, IPDN dan Politeknik BSSN.

"Kompi C berjumlah 45 orang dan Kompi D 45 orang," ujar Kapten Marinir Shobirin, Danki C.

Bupati Benny Utama berharap pelaksanaan Latsitardanus akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Pasaman, terutama dalam memotivasi pelajar dan generasi muda daerah ini mau membangun dan lebih mengembangkan dirinya.