Hari ini pemungutan suara pemilihan kepala desa di Sawahlunto

id pemilihan kepala desa di Sawahlunto,Berita sawahlunto,Berita sumbar

Hari ini pemungutan suara pemilihan kepala desa di Sawahlunto

Sekda Kota Sawahlunto Ambun Kadri bersama Ketua DPRD Eka Wahyu berdialog dengan beberapa petugas pemungutan suara di TPS pada Pemilihan Kepala Desa di Kota Sawahlunto, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Sebanyak sembilan desa di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menyelenggarakan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri, di Sawahlunto, Rabu menyampaikan sembilan desa tersebut adalah Desa Taratak Bancah, Desa Silungkang Oso, Desa Silungkang Tigo, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Pasar Kubang, Desa Talawi Hilir, Desa Sikalang, Desa Salak dan Desa Tumpuak Tangah.

“Dari delapan desa itu ada total sebanyak 35 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 11.920 orang,” ujar dia merinci.

Sekda Ambun Kadri menyebut Pemkot Sawahlunto mendukung penuh penyelenggaraan Pilkades serentak yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil. Oleh sebab itu maka regulasi-regulasi dalam pemilihan diawasi agar berjalan dan dipatuhi dengan baik.

“Kita bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada hari pemungutan suara ini turun langsung ke sembilan desa yang melaksanakan Pilkades, kita turun sebanyak tiga tim. Tujuannya untuk meninjau langsung proses pemungutan suara,” kata dia.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Polres Sawahlunto dan Kodim 0310/SSD yang ikut mendukung keamanan dan ketertiban seluruh tahapan Pilkades serentak.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD PPA) Kota Sawahlunto Efriyanto merinci jumlah TPS di Kecamatan Silungkang sebanyak 11 TPS, kemudian Kecamatan Lembah Segar sebanyak enam TPS dan Kecamatan Talawi sebanyak 18 TPS.

“Untuk jumlah kandidat calon kepala desa, di Desa Taratak Boncah sejumlah empat orang, Desa Silungkang Oso sejumlah lima orang, Desa Silungkang Tigo sejumlah lima orang. Kemudian Desa Pasar Kubang sejumlah empat orang, Desa Kubang Utara Sikabu sejumlah tiga orang,” ujar dia merinci.

Sementara di Desa Sikalang sejumlah dua orang, Desa Salak sejumlah lima orang, Desa Talawi Hilie sejumlah lima orang dan Desa Tumpuak Tangah sejumlah tiga orang.