107 CJH Kota Padang Panjang ikuti Bimbingan Manasik Haji Kanwil Kemenag Sumbar

id Kemenang sumbar,Haji sumbar,Cjh sumbar,Berita sumbar

107 CJH Kota Padang Panjang ikuti Bimbingan Manasik Haji Kanwil Kemenag Sumbar

Keberangkatan CJH Sumbar dimulai 25 Mei hingga 22 Juni

Padang Panjang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Sumatera Barat, Dr. H. Helmi, M.Ag mengatakan, penyelenggaraan operasional haji tahun ini akan dimulai dengan pemberangkatan kloter pertama 25 Mei mendatang dengan tujuan Madinah. Kloter terakhir 22 Juni tujuan Jeddah.

"Untuk pemulangan jemaah haji akan dimulai 4 Juli melalui Jeddah dan pemulangan terakhir 2 Agustus melalui Madinah," katanya saat menghadiri Bimbingan Manasik Haji (Bimsik) Kanwil Kemenag Sumbar di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Padang Panjang, Rabu (10/5).

Ia menjelaskan, kuota haji Sumbar tahun ini sebanyak 4.613 jemaah yang akan diberangkatkan dalam 12 kloter. Ditambah empat kloter CJH Bengkulu dan terakhir bergabung dengan kloter Nusantara.

"Sedangkan 107 CJH Kota Padang Panjang akan tergabung dalam kloter lima bersama CJH Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Padang," ungkapnya.

Terkait persiapan keberangkatan CJH Kota Padang Panjang, Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Drs. H. Alizar, M.Ag Datuak Sindo Nan Tongga menyebutkan, seluruh persiapan pelaksanaan keberangkatan CJH telah dilaksanakan secara maksimal.

"Kita berharap dengan paripurnanya persiapan semenjak dari Tanah Air, tercapai hendaknya haji mabrur sesuai dengan yang diinginkan," kata dia.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Padang Panjang, Editiawarman, S.Ag mengatakan, bimsik ini dilaksanakan sejak Senin (8/5) yang diikuti 107 CJH dan telah melaksanakan perekaman biometrik via aplikasi Saudi Visa Bio.

"Seluruh CJH dalam kondisi sehat. Mereka telah menerima bimsik dua hari berturut-turut dari Tim Kesehatan dan Panitia Bimsik," sebutnya.

Semua CJH, katanya, telah berkomitmen melaporkan dan mendaftarkan obat-obatan yang akan dibawa nantinya kepada petugas kesehatan.

Dari 107 CJH Kota Padang Panjang tercatat usia CJH tertua atas nama Chasinah dengan usia 85 tahun dan usia termuda atas nama Zainab, usia 18 tahun.