UNP terima 11 ribu lebih mahasiswa di tahun 2023

id UNP,Padang,Sumbar,mahsiswa baru unp,berita sumbar,berita padang

UNP terima 11 ribu lebih mahasiswa di tahun 2023

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri (dua dari kanan) saat jumpa pers di Padang, Senin (ANTARA/Mario Sofia N)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menyatakan akan menerima 11 ribu mahasiswa lebih dalam penerimaan mahasiswa yang dilakukan pada 2023 di sejumlah jalur penerimaan yang akan dilakukan.

Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Senin mengatakan total ada 130 program studi yang ada di kampus Universitas Negeri Padang. Untuk penerimaan ada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dilakukan melalui tes Ujian Tulis Berbasis Komputer. Melalui jalur ini ada 85 program studi UNP yang didaftarkan untuk diisi dalam tes tersebut.

"Kita memang banyak menerima mahasiswa karena memang program studi kita yang banyak. Biasanya paling banyak satu prodi itu diisi 60 mahasiswa bahkan ada satu prodi itu yang diisi 12 orang saja," kata dia.

Selain itu jalur penerimaan melalui Seleksi melalui jalur prestasi dan ini sudah dilakukan dan terpilih 3.089 calon mahasiswa dari 22 ribu orang peminat yang ingin masuk melalui jalur tersebut.

"Kami juga akan melakukan penerimaan nantinya melalui jalur nonreguler sesuai dengan program studi yang ada," kata dia.

Prof Ganefri memastikan pihaknya tentu sangat selektif dalam melakukan penerimaan mahasiswa karena dalam menghadapi Reformasi Industri 4.0 menuju 5.0 perkembangan dunia sangat dinamis.

"Kita juga membuka prodi baru yang sesuai dengan kondisi teknologi saat ini seperti program studi bisnis digital, animasi, desain grafis dan lainnya," kata dia

Sebelumnya Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menyiapkan 63 laboratorium komputer dalam menyukseskan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Ia mengatakan pada UTBK-SNBT tahun ini UNP menggunakan 63 laboratorium dengan kapasitas komputer dan setiap laboratorium ada 20 unit, 25 unit,hingga 30 unit komputer. Selain itu di setiap laboratorium komputer tersebut juga tersedia dua unit komputer cadangan serta satu unit komputer pengawas.

“Untuk melayani peserta, UNP menugaskan sebanyak 1.023 orang pengawas ujian,” kata dia.

Ia menambahkan total jumlah komputer yang digunakan untuk setiap sesi adalah sebanyak 1.500 unit yang terbagi kepada 3 server. Dan dalam ujian UTBK - SNBT kali ini per hari dilaksanakan sebanyak dua sesi per harinya.

“Jumlah lokasi ujian di UNP adalah sebanyak 9 lokasi, dengan jumlah pendaftar peserta UTBK - SNBT sebanyak 21.221 orang,” kata dia

Rektor mengatakan UTBK-SNBT Gelombang 1 dilaksanakan pada 8 - 14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada 22 - 28 Mei 2023. UTBK-SNBT tahun 2023 di bawah penyelenggaraan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP). Dia juga menekankan kalau UNP siap mengawal proses UTBK-SNBT secara bersih tanpa ada praktik joki ataupun intervensi, karena tiap soal peserta berbeda dan penilaian dilakukan secara langsung. ***3***