Sumbar terus dorong Syekh Sulaiman Ar Rasuli sebagai pahlawan nasional

id Syekh Sulaiman Ar Rasuli, pahlawan nasional, gubernur Sumbar,Milad perti

Sumbar terus dorong Syekh Sulaiman Ar Rasuli sebagai pahlawan nasional

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat diwawancarai awak media massa di Padang. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus mendorong pemerintah pusat untuk segera menetapkan pendiri Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Syekh Sulaiman Ar Rasuli atau dikenal Inyiak Canduang sebagai pahlawan nasional.

"Pemerintah Sumbar terus mengusulkan dan mengupayakan agar Syekh Sulaiman Ar Rasuli untuk segera ditetapkan menjadi pahlawan nasional," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Jumat.

Eks Wali Kota Padang dua periode tersebut berharap kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ke provinsi itu dalam agenda Milad Ke-95 PERTI bisa segera mewujudkan impian tersebut.

Dorongan dan harapan tersebut tidak lepas dari peran besar Syekh Sulaiman Ar Rasuli dalam memajukan bangsa utamanya dalam hal pendidikan, menyiarkan agama Islam dan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat hingga saat kini.

Bahkan, sambung dia, hingga kini PERTI yang diwariskan Sulaiman Ar Rasuli tersebut terus sejalan dengan pemerintah pusat dan daerah dalam hal pembangunan utamanya terkait keumatan. Sebab, pembangunan umat merupakan segalanya bagi pembangunan daerah.

"Tanpa pembangunan umat maka pembangunan di sisi-sisi lain akan sulit diwujudkan," ujar dia.

Saat ini generasi penerus PERTI telah malang melintang di berbagai lini kehidupan masyarakat. Bahkan, cukup banyak di antaranya mereka yang menjadi tokoh di tingkat daerah hingga nasional.

Ia menyakini semakin banyak jemaah PERTI yang berada di tengah kehidupan masyarakat, maka tugas pemerintah dalam mewujudkan kemaslahatan serta kemakmuran bangsa akan kian mudah dicapai

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendukung pendiri PERTI Syekh Sulaiman Ar Rasuli dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

PERTI, menurut Wapres, telah melakukan banyak hal terutama melalui pendirinya Syekh Sulaiman Ar Rasuli dalam mendukung kemajuan bangsa khususnya baik di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial kemasyarakatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar terus dorong Syekh Sulaiman Ar Rasuli sebagai pahlawan nasional