Wako Pariaman ucapkan selamat pengukuhan gelar adat Wamen Ketenagakerjaan

id Wako Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Wako Pariaman ucapkan selamat pengukuhan gelar adat Wamen Ketenagakerjaan

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) berfoto bersama pada pengukuhan gelar adat Minangkabau kepada Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (29/4). ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengucapkan selamat kepada Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor atas pengukuhan gelar adat Minangkabau yang diberikan kepadanya di Jorong Gundam, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu (29/4).

“Meskipun gelar adat ini diberikan oleh Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, namun ini hanya mewakili daerah ranah minang, artinya gelar “Datuak Rajo Basa” yang disandang oleh Uda Afriansyah Noor merupakan gelar niniak mamak secara keseluruhan untuk sanak kemenakan dalam ranah Minangkabau kabau,” kata Genius Umar pada pengukuhan gelar adat di Tanah Datar, Sabtu.

Ia berharap struktur organisasi dalam masyarakat adat selalu dilestarikan dan dijalankan fungsinya masing-masing serta turut andil dalam pembangunan daerah.

“Karena di sini peran pemerintah akan menjadi jembatan supaya struktur dalam masyarakat adat bisa bersama-sama ambil peran dalam pembangunan yang berkelanjutan,” kata dia.

Diketahui Genius Umar turut hadir pada kegiatan pengukuhan gelar adat yang di laksanakan di Istano Basa Pagaruyuang tersebut dan bertemu dengan tokoh nasional lainnya.

Adapun tokoh nasional tersebut yaitu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kepala Daerah se-Sumbar dan Forkopimda Provinsi Sumbar dan sejumlah tokoh daerah.