PT KAI tambah fasilitas untuk antisipasi puncak arus balik Lebaran

id Pasar Senen, stasiun pasar Senen

PT KAI tambah fasilitas untuk antisipasi puncak arus balik Lebaran

Para pengguna jasa yang duduk di area kursi penumpang yang disediakan di stasiun Pasar Senen, Kamis siang (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya telah menambah sejumlah fasilitas tambahan untuk mengantisipasi keramaian yang terjadi akibat puncak arus balik Lebaran pada 30 April dan 1 Mei nanti.

Sejumlah fasilitas tambahan yang dimaksud adalah penambahan petugas customer service mobile, penambahan area boarding, dan penambahan kursi tunggu.

“Adapun di Daop 1 Jakarta sendiri baik itu di arus mudik atau arus balik nanti seluruh petugas tambahan yang kita kerahkan ini akan ditugaskan sampai tanggal 3 Mei,” kata Eva Chairunisa, saat ditemui awak media di Stasiun Pasar Senen, Kamis siang.

Untuk fasilitas pertama, Eva mengatakan PT KAI sudah menambah petugas layanan customer service mobile yang nantinya akan beroperasi di area stasiun. Adapun tugas petugas layanan customer service mobile nantinya adalah membantu atau mengarahkan para pengguna jasa yang membutuhkan informasi lebih lanjut.

“Termasuk petugas pelayanan customer service mobile yang akan ada di area stasiun di zona steril di area tunggu penumpang dan juga penjemput,” kata Eva.

KAI Daop 1 Jakarta telah menambah jumlah kursi yang mana di Stasiun Pasar Senen ada penambahan 2500 kursi dan di stasiun Gambir ada penambahan 1600 kursi.

“Untuk Pasar Senen sendiri mencapai sekitar 2500 kursi untuk saat ini yang sudah ada, kemudian untuk stasiun Gambir sebanyak 1600,” jelas Eva.

Kemudian, KAI Daop 1 Jakarta juga menambah area boarding baik di Stasiun Pasar Senen dan stasiun Gambir guna mengantisipasi penumpukan pengguna jasa di satu waktu tertentu, mengingat masih tingginya penumpang yang datang dan berangkat.

“Dan kemudian area boarding yang paling penting kita tambah baik itu di Gambir atau Pasar Senen,” kata Eva.

“Kita harapkan ini tidak menumpuk di satu waktu tertentu karena dengan jumlah area boarding yang cukup banyak kita bisa langsung mempersilahkan pengguna yang berangkat melakukan proses boarding dan masuk ke zona A2 atau di area peron,” tambahnya.

Selain menambah beberapa fasilitas di atas untuk mengantisipasi puncak arus balik, KAI Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) yang setiap harinya ditugaskan sebanyak 610 personel untuk urusan keamanan dan juga bekerja sama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk kebutuhan pertolongan darurat dengan penanganan yang tepat dan cepat apabila ada pengguna jasa yang membutuhkan.

Lebih lanjut, Eva menuturkan jumlah pemilir yang tiba di area Daop 1 Jakarta pada tanggal 30 April dan 1 Mei nanti, terhitung per Kamis ini masih berjumlah 41.000. Angka ini masih bisa bertambah mengingat masih ada jeda waktu sebelum puncak arus balik.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KAI Daop 1 tambah fasilitas untuk antisipasi puncak arus balik