PAD Pariaman selama lebaran capai Rp50 juta

id PAD Pariaman,Berita pariaman,Pantai Gandoriah di Kota Pariaman

PAD Pariaman selama lebaran capai Rp50 juta

Ilustrasi - Wisatawan memadati objek wisata Pantai Gandoriah di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada libur lebaran 2019. ANTARA/Aadiaat M. S

Pariaman (ANTARA) - Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pariaman, Sumatera Barat dari sektor pariwisata selama dua hari pelaksanaan Pariaman Barayo pada Libur Lebaran 2023 mencapai Rp50 juta.

"Jumlah ini berdasarkan tarif retribusi yang kita tarik di sejumlah destinasi wisata di Pariaman yaitu di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut mencapai 8.610 orang yang setiap wisatawan diminta membayar retribusi sebesar Rp5 ribu per orang.

Ia menyampaikan untuk hari pertama libur lebaran atau 23 April 2023 PAD Pariaman dari retribusi masuk objek wisata mencapai Rp11 juta dan keesokan harinya atau 24 April PAD daerah itu mencapai Rp39 juta.

Selain menerapkan retribusi masuk ke objek wisata, Pemerintah Kota Pariaman juga menarik tarif parkir di 10 lokasi yang besarnya bervariasi tergantung dari jenis kendaraan. Selama dua hari terakhir Pemkot Pariaman dapat memperoleh PAD sebesar Rp7,9 juta dari sektor parkir.

"Angka ini hanya untuk PAD saja sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dihasilkan dengan perputaran ekonomi di seluruh kawasan wisata akan lebih besar lagi," katanya.

Menurutnya PDRB di Pariaman selama dua hari tersebut bisa mencapai Rp1 miliar dengan asumsi masing-masing wisatawan mengeluarkan uang Rp100 ribu di seluruh kawasan objek wisata Pariaman.

Diprediksi PAD Pariaman akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu selama pelaksanaan kegiatan Pariaman Barayo yang berlangsung dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar.