KAI Divre II Sumbar buka posko lebaran untuk maksimalkan pelayanan

id KAI Sumbar,KAI, Sumbar

KAI Divre II Sumbar buka posko lebaran untuk maksimalkan pelayanan

Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat membuka posko Angkutan Lebaran KAI untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pengguna moda transportasi tersebut.

Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah di Padang, Jumat mengatakan posko Angkutan Lebaran KAI dimulai hari ini, Jumat (14/4) hingga 2 Mei 2023.

"Seluruh jajaran Divre II Sumbar berpartisipasi pada posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional kereta api dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan PT KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran pada 2023 akan berlangsung selama 19 hari dari 14 April sampai dengan 2 Mei 2023.

Menurut dia, pada Lebaran tahun 2023, KAI Divre II Sumbar telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

"KAI konsisten memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama untuk mudik dengan kereta api aman dan berkesan," ujarnya.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI Divre II Sumbar menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 11 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) tiga orang.

Sementara untuk langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah rawan keamanan.

"Tahun ini kita menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 22 Polsuska, 108 security, serta 22 Polri (eksternal)," kata Sofan.

Pelaksanaan hari pertama posko lebaran itu dimulai dengan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin oleh Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah di Lapangan Kantor Divre II Sumbar, Jumat (14/4). *