Bupati : Pacu Kuda Tanah Datar akan dibuka Presiden Joko Widodo

id pacu kuda,pacu kuda tanah datar,bupati tanah datar, Wirabraja Open Race ,tanah datar sumatera barat,presiden jokowi,tanah datar

Bupati : Pacu Kuda Tanah Datar akan dibuka Presiden Joko Widodo

Bupati Tanah Datar, Eka Putra. (ANTARA/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyebut ajang pacu kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional pada 30 April 2023 rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita sudah bertemu dan berkomunikasi dengan pihak Istana Presiden, dengan pihak Kemenhan dan juga melalui telepon dengan Menteri (Menparekraf) Sandiaga Uno. Rencananya ajang ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo," katanya saat pengukuhan panitia pacu kuda di Batu Sangkar, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat.

Ia mengatakan konfirmasi kedatangan Presiden Jokowi sudah 70 persen, sementara untuk kedatangan Menteri Pertahanan Prabowo sudah 99 persen dan satu persennya lagi ketetapan Tuhan.

"Ini berkah bagi kita karena event pacu kuda kali ini akan disaksikan langsung oleh Presiden dan menteri," ujarnya.

Bupati berharap kepada panitia pacu kuda yang baru saja dikukuhkan agar dapat bekerja dengan serius dan penuh tanggung jawab.

"Mari kita serius dan jaga kekompakan, jika ada masalah cepat diselesaikan jangan masalah diperbesar tapi tidak kita selesaikan," kata dia

Ia juga mengajak seluruh pihak terlibat untuk menata segala sesuatunya selama pelaksanaan kegiaran, mulai dari UMKM, pedagang, pengunjung yang datang untuk tertib, dan juga tata cara menyambut tamu-tamu.

Ketua Panitia yang juga Komandan Kodim (Dandim) 0307 Tanah Datar, Letkol CZI Sutrisno, menjelaskan pacu kuda tahun ini digelar lebih awal dari sebelumnya pada Oktober. Pacu Kuda kali ini bakal dilaksanakan pada 30 April hingga 1 Mei 2023.

Hal itu dikarenakan jadwal Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) pada Oktober sangat padat dan juga dengan dilaksanakan setelah Lebaran diharapkan pelestarian pacu kuda bisa disaksikan perantau yang pulang.

"Selain itu adanya animo terhadap pacu kuda ini, objek wisata lainnya juga akan terlihat. Ada tujuan tambahan dari terselenggaranya di bulan ini," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati: Ajang pacu kuda Tanah Datar bakal dibuka Presiden Jokowi