Disperindag Sumbar gelar bazaar Ramadhan di Masjid Raya

id Bazaar, disperindag sumbar, novrial

Disperindag Sumbar gelar bazaar Ramadhan di Masjid Raya

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Novrial. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat menggelar Bazaar Ramadhan untuk membantu menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok jelang lebaran 1444 Hijriah.

"Bazaar kita gelar pada 11-14 April 2023 di Mesjid Raya Sumbar. Ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga stabilitas harga jelang lebaran," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Novrial di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pelaksanaan di Masjid Raya Sumbar adalah yang pertama kali dilakukan. Biasanya, Disperindag menggelar bazaar di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Novrial menyebut tahun ini Pemprov Sumbar menggelar program Sumarak Ramadhan 1444 Hijriah yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar. Disperindag mendukung program itu salah satunya dengan menggeser lokasi pelaksanaan Bazaar Ramadhan 2023.

"Pemprov Sumbar berupaya menjadikan Masjid Raya Sumbar sebagai salah satu destinasi wisata halal. Untuk mendukung program itu, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar sejumlah acara di sana," ujarnya.

Novrial mengatakan Bazaar Ramadhan yang digelar akan diikuti oleh 200 stand yang terdiri dari distributor bahan pokok, pelaku UMKM makanan, fashion, kriya, dll.

"Lokasi bazaar di Masjid Raya Sumbar berada di dekat pemukiman sehingga diprediksi pengunjungnya akan lebih ramai. Kita ingatkan distributor dan UMKM harus memastikan stok produknya lebih dari biasanya," katanya.

Ia mengatakan rapat teknis pelaksanaan bazaar dengan calon pengisi stand digelar Senin (3/4). Selain untuk menentukan stand, rapat itu juga untuk mengajak agar peserta membuat display yang lebih menarik dari biasa serta menjaga kebersihan lingkungan Masjid Raya Sumbar selama acara.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan kawasan Masjid Raya Sumbar diarahkan untuk menjadi pusat ekonomi halal di Sumbar.

Banyak kegiatan ekonomi diarahkan untuk digelar di kawasan itu dengan mengikutsertakan UMKM seperti bazaar, pameran dan sebagainya sehingga mampu mendorong meningkatkan perekonomian masyarakat.*