Pemprov Sumbar gelar bazaar bantu stabilkan harga jelang lebaran

id Bazaar

Pemprov Sumbar gelar bazaar bantu stabilkan harga jelang lebaran

Ilustrasi bazaar Ramadhan di Sumbar. (ANTARA/Ho M Noli)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Bazaar Ramadhan di halaman kantor gubernur setempat pada 25-28 April 2022 untuk membantu menstabilkan harga menjelang lebaran 1443 Hijriah.

"Dalam bazaar ini dijual sembako, produk UMKM Sumbar baik kuliner maupun kerajinan. Harga jual berada di bawah harga pasar karena kita memberikan subsidi berupa voucher belanja kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Ridonal di Padang, Kamis.

Ia mengatakan bazaar ditujukan bagi masyarakat umum yang ada di sekitar kantor gubernur. PNS di lingkungan kantor juga bisa memanfaatkan waktu berbelanja produk UMKM.

"Selain untuk membantu menstabilkan harga, bazaar yang digelar juga bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM di Sumbar karena seluruh peserta masuk dalam kategori UMKM," katanya.

Ridonal menyebut peserta bazaar tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Terdaftar 211 orang pelaku usaha akan meramaikan bazaar yang akan digelar selama empat hari tersebut.

"Kita berharap bazaar ini sukses dan pelaku usaha bisa mendapatkan untung dan mendapatkan efek promosi," ujarnya.

Salah seorang peserta bazaar, Yuni mengatakan bazaar yang digelar oleh Pemprov Sumbar setiap tahun adalah momentum bagi pelaku UMKM mendapatkan untung dan promosi produk menjelang lebaran.

"Biasanya bazaar dikunjungi oleh banyak orang, terutama pada hari-hari terakhir," katanya.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UKM Sumbar juga telah menggelar bazaar di halaman kantornya. Bazaar itu ramai dikunjungi masyarakat.