DKPP Agam gelar bazar stabilkan harga jelang Ramadhan

id bazaar pangan murah,pemkab agam

DKPP Agam gelar bazar stabilkan harga jelang Ramadhan

Warga sedang membeli kebutuhan pokok saat bazar pangan murah di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam. (ANTARA/HO-DKPP Agam)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar bazar pangan murah pada Rabu (9/3), dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam Rosva Deswira di Lubukbasung, Rabu, mengatakan bahan kebutuhan pokok yang disediakan berupa beras, minyak goreng, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula pasir, daging sapi dan lainnya.

"Bazar pangan murah itu bekerjasama dengan Perum Bulog, Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC) dan pelaku usaha pangan segar," katanya.

Ia mengatakan, harga kebutuhan pokok yang disediakan lebih murah dari harga tingkat pasaran.

Untuk harga beras premium seharga Rp9.950 per kilogram dengan harga pasaran Rp14 ribu per kilogram, bawang merah Rp28 ribu per kilogram dengan harga pasaran Rp30 ribu per kilogram, bawang putih Rp27 ribu per kilogram dengan harga pasaran Rp30 ribu per kilogram.

Sementara harga cabai merah Rp39 ribu per kilogram dengan harga pasaran Rp45 ribu per kilogram, daging sapi beku Rp85 ribu per kilogram dengan harga pasaran Rp140 ribu per kilogram.

Sedangkan gula pasir Rp13,5 ribu per kilogram dengan harga pasaran Rp15 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp17 ribu per liter dengan harga pasaran Rp18 ribu per liter, telur ayam ras Rp48 ribu per rak dengan harga pasaran Rp55 ribu per rak dan lainnya.

"Kita tidak memberi subsidi untuk harga kebutuhan pokok itu. Beras yang disediakan Perum Bulog jenis Ir 42 dan Sokan," katanya.

Ia menambahkan, bazar pangan murah itu dalam rangka untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di daerah itu menjelang Ramadhan.

Pengalaman setiap tahun, tambahnya, harga kebutuhan itu cenderung naik ketika memasuki Ramadan.

"Saat ini harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di daerah itu masih terpantau stabil jelang Ramadhan," katanya.

Ia mengakui, bazar pangan murah itu bakal dilakukan enam kali lagi menjelang Idul Fitri dan lokasi bazar tersebut masih dikoordinasikan dengan camat.

Dengan bazar tersebut, ia berharap bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah selama Ramadhan.