Wako Bukittinggi berikan bantuan Atensi Kemensos RI bagi penyandang disabilitas

id Peduli Disabilitas Bukittinggi,Erman Safar,Berita Bukittinggi,Berita sumbar

Wako Bukittinggi  berikan bantuan Atensi Kemensos RI bagi penyandang disabilitas

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk penyandang disabilitas. (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan Asistensi Rehabiltasi Sosial (ATENSI) dari Kemensos RI untuk penyandang disabilitas.

"Bantuan ini dari Kemensos RI melalui Sentra Handayani Jakarta yang didapat berdasarkan usulan yang telah diassesment oleh Pemerintah Bukittinggi melalui Dinas Sosial untuk warga kita disabilitas," kata Wako Erman Safar di Bukittinggi, Minggu.

Ia mengatakan bantuan yang langsung dibawa dari Kementrian Sosial diberikan ke Kota Bukittinggi dan tidak semua daerah yang mendapatkannya.

Menurutnya pemerintah berupaya untuk mencarikan bantuan nasional agar bisa membantu masyarakat.

"Kita pemerintah daerah Kota Bukittinggi berupaya semaksimal mungkin menjangkau program pemerintah pusat untuk disalurkan, Alhamdulillah, hari ini salah satunya yang kita salurkan untuk penyandang disabilitas,” kata Wako.

Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Syanji Faredi menjelaskan, bantuan atensi ini, merupakan bantuan dari Kemetrian Sosial yang diupayakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dengan total bantuan yang diserahkan sebesar Rp 268,2 juta.

“Ada 181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan dimana Bantuan yang diberikan berupa bantuan pemenuhan kebutuhan hidup layak serta nutrisi, bantuan alat bantu dan bantuan kewirausahaan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Teni Tresnayanti, dari Sentra Handayani Jakarta, mewakili Kemensos RI, mengungkapkan pihaknya memberi atensi untuk disabilitas Kota Bukittinggi.

Jenis bantuan berupa pemenuhan kebutuhan hidup layak serta nutrisi, alat bantu disabilitas dan paket kewirausahaan.

“Ini bisa ditindaklanjuti, berkat usulan dari Wali Kota Bukittinggi kepada Kemensos, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas,” pungkasnya.