Gerakan Jumat Berkah, warga Padang Panjang nikmati makan sepuasnya bayar seikhlasnnya

id PPA Elsi Padang Panjang ,gelar ,makan sepuasnya bayar seikhlasnya ,berita padang panjang,berita sumbar

Gerakan Jumat Berkah, warga Padang Panjang nikmati makan sepuasnya bayar seikhlasnnya

Pengurus dan anggota PPA Elsi Padang Panjang gelar makan sepuasnya bayar seikhlasnya yang ramai diserbu warga. (Antara/Isril Naidi)

Padang Panjang, (ANTARA) - Ratusan warga Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, serbu pelataran gedung pertemuan M. Syafe'i untuk menikmati makan siang sepuasnya, bayar se iklasnya, sebuah Gerakan Jumat Berkah (GJB) yang digelar oleh komunitas Pola Pertolongan Allah Learning Centre (PPALC) Kota Padang Panjang, Jum'at.

Pengurus PPALC Kota Padang Panjang sekaligus penanggung jawab GJB, Evi Eka Vitri, menyebutkan gerakan Jum'at berkah (GJB) ini sudah dilaksanakan dua kali di gedung M.Syafe'i dengan sistim makan sepuasnya, bayar seiklasnya.

"Alhamdulillah dari dua kali pelaksanaan GJB ini, masyarakat cukup antusias dan selalu ramai, mudah-mudahan dapat membantu saudara-saudara kita yang baru pulang jum'atan," kata Evi Eka Vitri.

Dikisahkan Evi, awal mula GJB PPALC Padang Panjang, adalah dengan memberikan menu sarapan pagi bagi petugas kebersihan di kota itu dan pejuang nafkah keluarga

"Kiprah gerakan Jum'at berkah ini kami awali dengan membagikan sarapan pagi bagi petugaa kebersihan, kemudian berlanjut kepada pejuang nafkah keluarga, dan setelah PPALC ini mandiri, kegiatan GJB menggelar makan sepuasnya bayar seiklasnya," ujarnya.

Ketua PPALC Endang Sriyani, mengatakan, GJB makan sepuasnya membayar seiklasnya, tidak membayarpun tak apa karena tujuannya adalah membantu masyarakat.

"Walaupun tetap membayar seiklasnya, kita berharap dari kegiatan makan bersama disini dan membayar seiklasnya, tidak membayarpun tidak apa-apa" kata dia.

Meskipun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar PPALC Padang Panjang, menghimpun sedekah dan infak dari masing-masing anggotanya yang saat ini berjumlah sekitar 50 orang untuk kegiatan sosial yang dilakukan

"Selain dari anggota, kami juga menerima donatur dari masyarakat yang juga ingin mendapatkan berkah dari gerakan Jum'at berkah ini," sebut Endang.

Gerakan Jum'at berkah tidak saja dilaksanakan di Padang Panjang, pengurus PPALC Padang Panjang yang sedang melaksanakan ibadah umroh di tanah suci mekah juga melaksanakan kegiatan yang sama di Madinah setelah sholat Jumat waktu Mekkah.

PPALC Kota Padang Panjang sudah berkiprah sejak 3 tahun lalu, namun kepengurusan di Kota Padang Panjang dilantik pada 23 Februari 2023.

"PPALC itu adalah sebuah private class, berdurasi kurang lebih 12 jam, yang didalam kelas itu kita diberikan pemahaman ke Tauhidan, dengan materi yang dikemas sedemikian menggetarkan, lembut tapi menusuk tajam.

Selain melaksanakan GJB, PPALC Padang Panjang, saat Ramadhan mendatang juga menyantuni 300 orang anak yatim piatu kota itu.

Insya Allah akan menyantuni 300 anak yatim piatu yang donasinya berasal dari santunan anggota PPALc Kota Padang Panjang dan dari santunan donatur lainnya. Kami menyebut mereka anak-anak langit, karena merekalah yang bisa mengetuk pintu langit," sebut Evi Eka Vitri. (*)