Tabungan Utsman dan operasi pasar sukses kendalikan inflasi di Bukittinggi

id tim pengendalian inflasi bukittinggi,tabungan utsman,operasi pasar,bukittinggi

Tabungan Utsman dan operasi pasar sukses kendalikan inflasi di Bukittinggi

Peluncuran Tabungan Utsman di Bukittinggi. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengungkapkan angka laju inflasi berhasil dikendalikan melalui beragam kerja sama dan program ekonomi seperti Tabungan Utsman dan operasi pasar yang rutin digelar.

"Tabungan Utsman yang membantu warga untuk mendapatkan permodalan, realisasi sejak 23 Maret 2022, pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp 17,5 miliar dengan total nasabah 2.226 orang,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, Senin.

Ia menyampaikan, Pemkot Bukittinggi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya menekan laju inflasi melalui kerja sama dengan mitra kerja yang menjadi kekuatan bagi Bukittinggi untuk membantu masyarakat.

"Dimana untuk Januari 2023, inflasi Bukittinggi berada di angka 0,39, turun dibanding angka inflasi Desember 2022 berada pada 0,66," katanya.

Selain itu, Pemkot setempat juga melaksanakan pencanangan gerakan menanam bawang merah, penciptaan lapangan kerja, subsidi transportasi sebesar Rp400 juta dan pemberian alat dan mesin pertanian untuk peningkatan produksi pangan.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako Bukittinggi, Ahda Hidayat mengatakan salah satu penyebab inflasi karena kenaikan harga pangan.

"Inipun terjadi karena cuaca ekstrem, meningkatnya jumlah kunjungan sehingga meningkatkan permintaan bahan pangan, Bukittinggi juga bukan daerah sentra produksi dan meningkatnya permintaan dari daerah tetangga,” kata dia.

Ia menjelaskan, dari penyebab inflasi itu Pemkot Bukittinggi melakukan upaya pengendalian inflasi di antaranya melakukan pemantauan harga dan stok setiap hari.

"Pemkot juga menerbitkan surat edaran dari Wali Kota Bukittinggi tentang pengendalian inflasi, bekerjasama dengan Bulog sub divre Bukittinggi untuk gelar operasi pasar di 24 kelurahan serta bekerjasama dengan BPR Syariah Jam Gadang juga terus menyalurkan bansos dan subsidi margin untuk UMKM melalui Tabungan Utsman," katanya.

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Bukittinggi, M. Fakhri Firdaus menambahkan operasi pasar merupakan inisiasi dari Bulog bersama TPID Bukittinggi untuk menjawab keadaan di Kota Bukittinggi yang mengalami kenaikan harga pangan akibat inflasi.

“Untuk 2023 ini, kita sudah mulai lakukan operasi pasar mulai 1 Februari hingga 7 Maret untuk disebar di 24 kelurahan," katanya.

Kebutuhan pokok yang disediakan, minyak goreng Rp 14.000 per liter, gula pasir Rp 13.500 per kilogram, beras medium Rp 9.950 per kilogram, beras kuruik kusuik Rp 15.999 per kilogram serta ragam lain.