Terciduk bobol kotak amal masjid, pria di Kubang Putih Agam babak belur diamuk massa

id polres bukittinggi,amankan pelaku,pencurian kotak amal,berita bukittinggi,bukittinggi terkini,berita sumbar,berita kriminal

Terciduk bobol kotak amal masjid, pria di Kubang Putih Agam babak belur diamuk massa

Polisi ketika mengamankan pelaku pencurian kotak amal Masjid Takwa Kuruak Kubang Putih Kabupaten Agam, pelaku sebelum diamankan sempat diamuk oleh massa yang geram akan aksinya. (Antara/HO-Polresta Bukittinggi)

Bukittinggi, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengamankan seorang pria yang terciduk melakukan pembobolan kotak amal masjid di Agam, pelaku sempat babak belur dihajar massa yang marah dengan aksinya.

"Pelaku kami amankan setelah sempat diamuk warga yang marah dengan ulahnya, sebelum diperiksa pelaku harus mendapat perawatan dulu di puskesmas," kata Kapolsek Banuhampu AKP Asep Wahyudi, Senin.

Ia mengatakan peristiwa pencurian kotak amal tersebut terjadi di Masjid Takwa Kuruak Kubang Putih Kabupaten Agam, pada Minggu (05/02) sesudah Ibadah shalat zuhur.

Kejadian berawal ketika saksi yang merupakan garin atau penjaga masjid melihat seorang laki-laki memasuki area masjid dengan menggunakan sepeda motor.

"Pelaku kemudian masuk ke dalam masjid, karena tidak kunjung keluar, saksi merasa curiga dan mencoba melihat ke dalam dan mendapati pria tersebut sedang mencongkel kotak amal," kata Kapolsek.

Saksi kemudian melaporkan ke pengurus dan warga sekitar masjid hingga pelaku ditangkap kemudian sempat dipukul warga yang marah.

Personel kepolisian dari Polsek Banuhampu yang mendapat informasi tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian.

"Saat personel Polsek Banuhampu datang ke lokasi kejadian, pelaku yang diketahui berinisial AC (30) warga Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar telah diamankan oleh warga, dan dalam keadaan luka lebam pada bagian wajah akibat diamuk massa yang geram oleh ulah pelaku," kata Asep Wahyudi.

Pelaku langsung diamankan personel dari amukan warga, kemudian dibawa ke puskesmas terdekat untuk perawatan lukanya.

"Setelah mendapatkan perawatan, pelaku berserta barang bukti kotak amal dan uang tunai berjumlah sekira Rp 1,2 juta kami bawa ke Mapolsek Banuhampu untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya. (*)